in Berita Pasar by heri
Gold-Rise-Arrow Harga Emas Kembali Naik Pasca Bukukan Penurunan
Berita komoditas dunia di hari Kamis(7/4), harga emas dan perak terpantau menguat dengan diperdagangkan lebih tinggi pasca pidato Bank Sentral Jepang pagi ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka kontrak bulan Juni terpantau naik sebesar 0.23% dengan diperdagangkan pada level $1.226.70 per troy ounce di divisi Comex, AS. Sedangkan untuk perak berjangka kontrak bulan Mei terpantau naik 0.21% di level $15.085 per troy ounce.

Harga emas dan perak terpantau terus melanjutkan kenaikan setelah membukukan penurunan di sesi sebelumnya ketika risalah pertemuan Fed terkini menunjukkan banyak pembuat kebijakan bank sentral khawatir atas pelambatan ekonomi global. Risalah dari pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve AS yang dirilis pada Rabu, “banyak peserta mengungkapkan pandangan bahwa situasi ekonomi dan keuangan global masih menimbulkan risiko-risiko penurunan cukup besar.”

Di tempat lain, pidato Gubernur Bank Sentral Jepang, Haruhiko Kuroda mengatakan bahwa pemulihan ekonomi terus berlanjut dengan kecepatan yang moderately meski terdapat adanya tanda – tanda pelemahan di sektor ekspor dan hasil industri. Pada tingkat pertumbuhan inflasi di Jepang, bank sentral menilai akan tetap tumbuh meski dikisaran 0%. Sedangkan saat ini menjaga stabilitas sistem finansial di Jepang telah menjadi prioritas tambahan bagi bank sentral.

Sementara itu guna mencapai target inflasi sebesar 2.0%, Bank Sentral Jepang saat ini memutuskan menjaga QQE(Quantitative and Qualitative Easing) dengan suku bunga negatif. Meski demikian, Bank Sentral Jepang akan mengupayakan langkah stimulus tambahan apabila benar – benar dibutuhkan.