in Berita Pasar by heri
Emas Harga Emas Bersinar
Emas pada perdagangan hari ini, Selasa (19/4) masih melanjutkan dengan kenaikan. Seiring dari Tiongkok yang merilis patokan emas konsumen dalam mata uang yuan.

Divisi New York Merchantile Exchange, spot emas untuk pengiriman Juni naik 0.29& ke level $1.238.60 troy ons, Tiongkok mengambil langkah yang ambisius untuk mengerahkan lebih banyak kontrol atas harga logam dan meningkatkan pengaruhnya di pasar global bullion. Patokan tersebut adalah puncak dari upaya oleh Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir untuk reformasi pasar emas domestik dalam upaya untuk memiliki industri emas bullion dalam skala besar.

Harga patokan Tiongkok berasal dari kontrak 1 kg yang diperdagangkan oleh 18 peserta di Shanghai emas asing (SGE), di level pada 256.92 yuan ($39.69) per gram/hari ini.

“Benchmark Shanghai emas akan memberikan harga yang adil dan diperdagangkan dalam mata uang yuan, ujar Pan Gongsheng, Deputi Gubernur rakyat Bank of Tiongkok (PBoC) pada saat peluncuran di Shanghai. 18 anggota perdagangan dalam proses pembentukan harga yuan termasuk empat BUMN Tingkok bank-bank besar, bank asing Standard Chartered dan ANZ, pengecer perhiasan emas terbesar Chow Tai Fook dan dua penambang emas Tiongkok.

Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak naik 1.06% di level $16.425 troy ons, namun tembaga turun -0.05% di levle $2.163 troy pound.