Berita komoditas dunia di hari Selasa(3/5) harga emas bergerak fluktuasi dengan berayun di antara keuntungan dan kerugian ketika perhatian pasar tengah berfokus kepada hasil pertemuan kebijakan Bank Sentral Australia siang ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka kontrak bulan Juni terpantau turun 0.03% di level $1.295.65 per troy ounce di divisi Comex, AS. Pergerakan harga emas sempat menyentuh level low di $1.291.50 dan level high di $1.298.95.

Sedangkan untuk komoditas logam lainnya, perak berjangka kontrak Mei terpantau turun sebesar 0.09% di level $17.640 per troy ounce dimana pagi ini terpantau bergerak menyentuh level low di $17.550 dan level high di $17.730.

Harga emas bergerak fluktuasi menjelang siang ini, ketika pasar manufaktur Tiongkok mengalami hambatan pertumbuhan. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Markit menyebutkan bahwa PMI Manufaktur Tiongkok turun, yang disesuaikan secara musiman menjaid 49.4 di bulan April dari 49.7 di bulan Maret.

Sementara itu, perhatian pasar tengah berfokus kepada laporan hasil pertemuan kebijakan moneter Bank Sentral Australia. Dengan dirilisnya laporan tersebut maka pergerakan harga commodity metals maupun forex berpotensi mengalami gejolak pergeseran harga.