in Berita Pasar by heri
Analisa-Fundamental Goyangnya Ekonomi Global, Emas Jadi Menggeliat
Kekuatiran ekonomi dunia memberi peluang koleksi emas untuk beberapa saat.
Dimulai dari pernyataan Donald Trump minggu lalu bahwa kondisi perbankan AS akan menghadapi masa-masa sulit seperti 2008. Gubernur bank sentral Jepang, BoJ, Haruhiko Kuroda juga menyatakan bahwa pihaknya tetap kuatir dengan masa depan perekonomian global.

Potensi-potensi verbal intervensi seperti ini memang memberi peluang yang bagus untuk investor dengan menambah koleksi emas dan yen secara jangka pendek sebelum counter atau serangan balik dari data-data fundamental ekonomi AS.

Seperti kita ketahui pada hari ini terdapat data penjualan ritel AS yang sudah kita bahas pada tulisan analisa fundamental mingguan.
Bila skenario panduan fundamental mingguan berjalan maka hati-hati terhadap koleksi emasnya.

Selain itu data dari Tiongkok berupa neraca perdagangan pagi ini juga akan sedikit banyak mempengaruhi beli atau jual emas.
Bila kondisi surplus perdagangan Tiongkok membaik maka kesempatan membeli emas lebih terbuka ketimbang jual emas.

Dan menurut tim riset Financeroll kondisi ini terjadi karena aktivitas manufactur tiongkok dari awal tahun hingga akhir semester pertama merangkak naik diikuti dengan ekspor Tiongkok yang terus meningkat pula.

Namun kami terus mengingatkan kepada investor bahwa kondisi verbal intervensi khususnya pernyataan-pernyataan dari pejabat bank sentral utama dunia bisa membalikkan trend yang sudah ada pagi ini, khususnya bila membahas kenaikan suku bunga AS.