in Tehnikal by yeremia
Emas relatif stabil naik sekitar USD8 dari posisi terendah kemarin, merespons data ekonomi terbaru AS yang secara umum dapat dikatakan masih lemah. Perumahan AS turun 3.8 persen pada bulan Januari, jauh di bawah ekspektasi. PPI naik sedikit 0.1 persen pada Januari, lebih baik dari yang diharapkan.

PPI inti naik 0.4 persen yang merupakan kenaikan bulanan terbesar dalam lebih dari satu tahun. Meski demikian, hal ini tampaknya lebih merupakan bukti tidak adanya tekanan inflasi jangka panjang. Di sisi positif, produksi industri AS naik 0.9 persen pada Januari, di atas ekspektasi +0.3 persen. Namun, periode Desember direvisi lebih rendah dari -0.4 persen menjadi -0.7 persen.

Saham AS dan minyak naik secara signifikan kemarin, tapi Emas menunjukkan ketahanan yang baik merespons hal tsb. Minyak didorong oleh pembicaraan tentang kesepakatan untuk membekukan produksi.

Kebijakan bank sentral saat ini masih mendukung Emas. Baik ECB maupun BoJ secara luas diharapkan untuk menawarkan akomodasi lanjutan pada bulan Maret mendatang. Sementara itu, probabilitas bahwa FED akan memulai kenaikan suku bunga kedua mereka pada bulan Maret telah menyusut menjadi hanya 4 persen menurut FedWatch CME Group.

Pada grafik H4 di bawah ini dapat dilihat salah satu kemungkinan hitungan Elliott Wave yang dapat membantu anda mengambil keputusan trading hari ini.

sf_070855_260251_1 GOLD Relatif Stabil pada Kisaran 1206