Merespon tekanan yang terjadi pada sistem keuangan global, khususnya peningkatan resiko dari siklus standar perusahaan AS dan resiko devaluasi renminbi karena meningkatnya aliran keluar modal Cina, Deutsche Bank memberi rekomendasi untuk membeli Emas. Sementara Citibank memperingatkan minggu lalu bahwa kemungkinan resesi global meningkat. IMF dan OECD telah menegaskan peringatan tentang resiko utang dan pertumbuhan global, melemahnya permintaan dari pasar negara berkembang membuat 2015 tahun terburuk bagi perdagangan dunia sejak krisis keuangan global, demikian Financial Times.

Emas tampaknya telah menemukan kembali perannya sebagai tempat berlindung bagi investor yang mau menghindari risiko. Logam mulia tersebut naik 16 persen tahun ini karena harga saham telah jatuh dan kekuatiran perlambatan ekonomi global meningkat. Emas juga sempat mencapai rekor tertinggi setahun terakhir pada kisaran USD1260 bulan ini. Aset SPDR Gold Trust juga naik ke rekor tertinggi sejak Maret 2015 pada minggu lalu. Arus masuk ke dalam dana sejak awal tahun telah melampaui arus keluar untuk seluruh tahun 2015, dan peningkatan aset tahun ini adalah yang tertinggi sejak 2010.

Pada grafik H4 di bawah ini dapat dilihat salah satu kemungkinan hitungan Elliott Wave yang dapat membantu anda mengambil keputusan trading hari ini.

sf_074142_260842_1 GOLD Konsolidasi Bullish Pada Kisaran 1221