in Tehnikal by yeremia
Emas lakukan konsolidasi bearish pada kisaran 1208 merespons pergerakan naik Dollar disertai penguatan saham dan minyak. Penguatan Dollar kali ini dikaitkan dengan pelemahan yang diderita oleh Poundsterling dan Euro. Sterling jatuh ke level terendah 7-tahun terhadap Dollar di tengah spekulasi yang berkembang tentang kekuatiran Inggris yang dapat meninggalkan Uni Eropa.

Walikota London Boris Johnson mendukung isu yang disebut ‘Brexit’ tersebut dan mengatakan bahwa ia akan mengkampanyekan pemisahan Inggris dari Uni Eropa menjelang referendum yang dijadwalkan diselenggarakan bulan Juni. Hal ini menambah ketidakpastian untuk Eropa, Inggris dan ekonomi global yang sudah penuh dengan ketidakpastian. Sementara itu Euro juga menderita, jatuh hampir 1 persen dalam perdagangan intraday ke level terendah tiga minggu.

Emas masih bertahan di atas level psikologis USD1200, dan masih dapat memberi peluang untuk terus bergerak menguat seperti yang dikatakan Mark To dari Wing Fung Financial Group bahwa: “Kenaikan tajam harga Emas tahun ini hanya awal dari seluruh drama.” Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa harga “USD1300 sampai USD1400 masih dimungkinkan dalam beberapa bulan mendatang.”

Pada grafik H4 di bawah ini dapat dilihat salah satu kemungkinan hitungan Elliott Wave yang dapat membantu anda mengambil keputusan trading hari ini.

sf_052841_260526_1 GOLD Konsolidasi Bearish Pada Kisaran 1208