in Fundamental by yeremia
Emas bergerak bullish sampai pada kisaran USD1239, namun demikian pergerakan bullish ini masih dalam korektif pergerakan bearish sebelumnya. Komentar FED Yellen diinterpretasikan pasar sebagai pernyataan terkait kenaikan suku bunga yang memberikan gambaran lebih dovish dibandingkan dengan laporan dari pejabat FED lainnya.

Di divisi Comex, Emas untuk pengiriman Juni naik 0.44 persen menjadi USD1243 per troy ounce. Emas melambung lebih dari USD15 per ounce, rebound dari posisi terendah satu bulan karena Yellen menekankan bahwa FED harus secara bertahap melanjutkan kenaikan suku bunga berikutnya. Berkomentar tentang peningkatan resiko dengan kondisi keuangan dan ekonomi global, serta kekuatiran jangka panjang harga minyak, FED Yellen juga menegaskan bahwa kenaikan suku bunga bertahap memang perlu dijamin dalam tahun-tahun mendatang.

FED Yellen juga mencatat bahwa perekonomian domestik telah menampilkan ketahanan yang luar biasa dimana pasar tenaga kerja menunjukkan perbaikan dan menekankan bahwa pelambatan ekonomi global juga mempengaruhi AS. Secara khusus, Yellen menunjukkan bahwa FOMC prihatin dengan melambatnya tingkat manufaktur dan ekspor di tengah melemahnya prospek ekonomi Cina. “Ada konsensus bahwa ekonomi Cina akan melambat di tahun-tahun mendatang karena transisi dari investasi konsumsi dan ekspor terhadap sumber-sumber domestik pertumbuhan,” demikian FED Yellen. Komentar Yellen ini juga bertentangan dengan komentar-komentar hawkish dari beberapa rekan-rekannya pekan lalu, yang berpendapat bahwa FED harus menerapkan beberapa kenaikan suku bunga sebelum akhir tahun, di tengah kondisi inflasi saat ini dan tajamnya penurunan dolar.

Pada grafik H4 di bawah ini dapat dilihat salah satu kemungkinan hitungan Elliott Wave yang dapat membantu anda mengambil keputusan trading hari ini.

sf_082330_262219_1 GOLD Bullish Sampai Kisaran USD1239