Data inflasi CPI Inggris menurun baik secara bulanan maupun tahunan sehingga melemahkan kenaikan sebelumnya yang berpotensi terjadi pada poundsterling. Saat berita ini ditulis, pair GBP/USD diperdagangkan pada kisaran harga 1.44 per dolar AS.

Menurut rilis data oleh Badan Statistik Inggris (ONS), CPI Inggris secara bulanan untuk bulan April melemah dari sebelumnya 0.4 persen menjadi 0.1 persen. Sedangkan secara YoY CPI Inggris juga menurun ke 0.3 persen dari sebelumnya 0.5 persen. Disamping itu, CPI inti secara YoY juga mengalami penurunan menjadi 1.2 persen dari sebelumnya sebesar 1.5 persen. Seluruh rilis data-data tersebut tidak sesuai dengan prediksi sebelumnya.

Salah satu pejabat ONS, James Tucker menjelaskan, alasan utama melambannya inflasi Inggris adalah adanya penurunan dalam pembelian tiket pesawat, yang sebelumnya – pada bulan Maret lalu – mengalami peningkatan yang cukup signifikan karena bertepatan dengan liburan paskah.

Sesaat setelah data CPI tersebut, Pound Sterling merangkak turun kembali dibawah level harga 1.45 per dolar AS, meskipun kisaran harga tersebut masih menguat satu persen pada sesi perdagangan hari ini.

Berkurangnya Resiko Brexit
Sterling pada sesi awal hari ini sebenarnya sudah menanjak sebesar satu persen. Selain itu, pair ini juga sempat melompat sampai menyentuh level harga 1.45 per dolar AS setelah resiko Brexit terlihat berkurang karena poling terbaru menunjukkan bahwa warga negara Inggris lebih memilih tetap menjadi anggota Uni Eropa. Poling ICM perihal Brexit mengungkapkan bahwa ada 47 persen responden menginginkan tetap menjadi anggota Uni Eropa dan sebanyak 39 persen memilih untuk meninggalkan Uni Eropa.

Sementara itu, para investor juga akan berfokus pada data pasar ketenagakerjaan Inggris, diikuti dengan retail sales domestik untuk bulan April yang akan dijadwalkan rilis hari Kamis mendatang. Oleh karenanya, volatilitas pada pair GBP/USD diprediksi akan meningkat setelah rilis data-data tersebut.

sf_164115_264757_Poundsterling GBP/USD Tergelincir Setelah Inflasi Inggris Melamban