in Berita Pasar by heri
Analisa-Fundamental Fundamental Forex Harian
Panduan fundamental harian

Beberapa hari ini perdagangan emas berupaya menggapai level-level resisten dengan ancang-ancang ke level $ 1300/trz, dengan perhitungan masih gaduhnya ekonomi di Uni Eropa dan disertai dengan mulai diperdagangkannya harga emas dengan denominasi mata uang Tiongkok, yuan, di bursa Shanghai di waktu dekat ini.

Dengan dibukanya perdagangan emas di bursa Shanghai tersebut, mempengaruhi mood investor untuk melakukan koleksi emas karena kita tahu bahwa pasar emas terbesar di dunia adalah di Tiongkok.

Dus kegaduhan ekonomi di Uni Eropa ini juga membawa dampak positif terhadap emas karena suku bunga negatif yang diperlakukan oleh bank sentral Uni Eropa tersebut.
Pemberlakuan negative interest rate policy oleh ECB dapat diartikan bahwa kondisi moneter di wilayah tersebut pada titik terendah baik laju pertumbuhan ekonominya dan daya saing industri di seluruh dunia sehingga wilayah tersebut membutuhkan bantuan-bantuan paket stimulus untuk memulihkan kondisi ekonominya.

Bila situasi ini terjadi maka safe haven commodity selalu akan muncul. Kali ini kita akan melihat apakah Mario Dragi masih menerapkan suku bunga negatifnya atau memberi pernyataan bahwa kondisi ekonomi Uni Eropa sudah pulih.

Bila Super Mario menyatakan ekonomi wilayahnya sudah mulai pulih maka hati-hati untuk tidak terlalu banyak mengoleksi emas. Namun bila Super Mario menerapkan NIRP maka posisi beli emas akan lebih dominan.