in Berita Pasar by lilik
fed1 The Fed AS Pertahankan Suku Bunga Tetap, Akankah Naik Bulan Juni?
The Federal Reserve AS mengumumkan pada Rabu (27/04) waktu setempat atau Kamis dinihari tadi untuk mempertahankan suku bunga AS tetap pada 0,5%.

Federal Open Market Committee (FOMC) dalam pernyataan yang dirilis setelah pertemuan dua hari minggu ini menyatakan kegiatan ekonomi terlihat melambat dan pertumbuhan belanja rumah tangga tumbuh moderat, meskipun pendapatan riil rumah tangga telah meningkat pada tingkat yang mantap dan sentimen konsumen tetap tinggi. Hal tersebut mendasari keputusan The Fed mempertahankan suku bunga AS tetap.

united-states-interest-rate The Fed AS Pertahankan Suku Bunga Tetap, Akankah Naik Bulan Juni?
Pernyataan The Fed terlihat tidak menyoroti tanda-tanda yang cukup baik dalam ekonomi AS yaitu pertumbuhan pekerjaan yang konsisten dan pasar perumahan membaik terhadap menurunnya investasi bisnis dan ekspor. Memang, Fed Atlanta memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi melambat menjadi hanya 0,6 persen pada kuartal pertama tahun 2016.

Dewan Kebijakan memotong penilaian mengenai pengeluaran rumah tangga, menunjukkan hal itu “telah moderat” setelah menggambarkannya sebagai “meningkat pada tingkat yang moderat” setelah pertemuan Maret. Pernyataan Maret juga mencatat bahwa inflasi “telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir,” tetapi penilaian April adalah bahwa hal itu “terus berjalan di bawah tujuan jangka panjang komite 2 persen.”

The Fed menyatakan kenaikan baru-baru ini dalam inflasi, membawa keyakinan bahwa itu akan naik ke target 2 persen dalam jangka menengah, namun sementara menegaskan inflasi diperkirakan tetap rendah dalam waktu dekat ditahan oleh “efek sementara dari penurunan harga energi dan impor.”

Meskipun keuntungan pekerjaan yang kuat dan tingkat pengangguran nasional 4,9 persen, pembuat kebijakan Fed sebelumnya mengatakan mereka akan melanjutkan dengan hati-hati dalam menaikkan suku bunga lagi karena ketidakpastian dalam perekonomian dunia dan kurangnya tekanan inflasi di dalam negeri.

Lihat : Pesanan Barang Tahan Lama AS Maret Naik Dibawah Ekspektasi

Dalam pertemuan FOMC tersebut, hanya satu anggota FOMC, Esther George dari Kansas City, berbeda pendapat. George telah menjadi suara hawkish di The Fed yang ingin melihat bank sentral AS kembali di jalan menuju normalisasi. George menganjurkan untuk kenaikan seperempat poin, yang akan mengambil kisaran saat ini dari 0,5 persen menjadi 0,75 persen.

Pedagang terus meningkatkan perkiraan mereka bahwa kenaikan suku bunga pertama 2016 akan datang pada bulan September dan sedikit kemungkinan kenaikan tindak lanjut pada Desember. Pembuat kebijakan Fed pada pertemuan Maret memperkirakan dua kenaikan tahun ini.

Investor saat ini melihat kemungkinan 23 persen bahwa suku bunga pinjaman Fed akan naik pada bulan Juni, naik dari 21 persen sebelum keputusan, menurut kelompok FedWatch CME.

Bank sentral telah menaikkan suku pada bulan Desember tahun lalu untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.