in Berita Pasar by heri
Analisa-Fundamental Fed Minutes dan Verbal Intervensi the Fed Goyahkan Emas Lagi
Panduan fundamental 6 april 2016

Pola kenaikan harga emas hari ini bisa berakhir ketika ada kepentingan-kepentingan dari bank sentral AS yang muncul.

Kepentingan tersebut antara lain penjelasan dari hasil FOMC meeting dua minggu lalu yang biasa disebut dengan Fed minutes atau minutes of FOMC meeting dan akan berbicaranya 2 pejabat the Fed yaitu Loretta Mester dan James Bullard, yang tentunya kedua pejabat the Fed ini selalu menyinggung kebijakan moneter bank sentral AS.

Fed minutes menurut tim riset Financeroll kali ini akan menjelaskan kenapa bank sentral AS tidak merubah kebijakan suku bunganya dengan disertai penurunan target laju pertumbuhan ekonomi AS atau PDB atau GDP.

Penjelasan kali ini bisa mempengaruhi mood beli investor terhadap emas karena menurut tim kami, bagaimana Fed minutes akan menjelaskan kekuatiran the Fed tentang inflasi di AS yang perlahan-lahan mengalami kenaikan dan mendekatkan ke target inflasi the Fed yaitu 2%.

Bila hal ini terjadi maka investor tidak perlu ragu lagi bahwa kepastian kenaikan suku bunga AS masih bisa terjadi di tahun ini.
Hal ini pula bisa diartikan dengan pelepasan emas oleh investor untuk beralih mengoleksi surat-surat berharga dan mata uang AS.

Pejabat the Fed dalam hal ini Mester dan Bullard menurut tim riset Financeroll, tentu akan berbicara tidak jauh tentang kenaikan suku bunga AS. Hal ini akan menggiring keraguan dari investor untuk tidak berlama-lama menahan koleksi investasi emasnya.

Potensi keraguan ini kami perkirakan akan terjadi hingga terlampirnya penjelasan terkini tentang laju pertumbuhan ekonomi (PDB atau GDP) dan inflasi terkini di AS yang biasa kita sebut dengan Beige Book.

Apa itu Beige Book? Nanti akan kami jelaskan dalam 2 minggu kedepan atau sebelum data tersebut terlampir.