Presiden Fed Boston Eric Rosengren tetap optimis mengatakan kenaikan tingkat suku bunga tetap berlanjut, meskipun pasar terlalu pesimis. Jumat (13/5).

Rosenren mengatakan ekonomi tampaknya menguat setelah kuartal pertama yang bergerak lamban, dan hal tersebut membuat Federal Reserve memberikan lampu hijau untuk melanjutkan upaya untuk menormalkan kebijakan suku bunga.

“Data konsisten dengan adanya perbaikan perlahan,” ucap Rosengren dalam sebuah pidato kepada pemimpin bisnis di Concord, New Hampshire kemarin. Dilanjutkan olehnya, pasar terlalu pesimis tentang kekuatan mendasar dalam ekonomi AS. Dirinya berharap GDP pada kuartal kedua akan mengalami rebound di atas 1,75% dari tingkat 0,5%. Dalam laporan pekerjaan di bulan April, data nonfarm payrolls kurang dari yang diharapkan tetapi masih cukup untuk secara bertahap mengencangkan pasar tenaga kerja. Ditambah upah yang lebih tinggi dan jam bekerja yang positif membantu untuk pembelanjaan konsumen kedepan.

“Pandangan saya, Fed harus siap untuk secara bertahap menormalkan harga, mungkin pada kecepatan yang saat ini tidak diantisipasi oleh pasar berjangka dana federal,” sambung pejabat yang dikenal dengan sebutan burung merpati karena kebijkan-kebijkannya.