poundsterling95 Euro Melemah, Greenback dan Emas Diuntungkan
Pergerakan pasar mata uang di hari Rabu(23/3), euro terpantau alami pelemahan terhadap dollar AS ketika minimnya laporan fundamental ekonomi global pada hari ini. Di tempat lain, para investor telah melihat bahwa greenback dan emas merupakan tempat berlindung paling aman ditengah kondisi geopolitik dunia yang kembali terguncang.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Eropa, pasangan EURUSD terpantau alami penurunan sebesar 0.19% dengan diperdagangkan pada level 1.1196. Pada index dollar AS, yang memperlihatkan performa greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya terpantau naik 0.18% di level 95.84.

Euro terpantau alami pelemahan terhadap dollar AS ketika permintaan safe haven bagi greenback dan emas telah meningkat pasca teror bom yang menyerang kota Brussels, Belgia kemarin. Aksi tersebut telah memicu kondisi geopolitik dunia menjadi tidak stabil, sehingga emas maupun dollar AS dinilai sebagai tempat perlindungan yang aman bagi para investor.

Sementara itu, laporan fundamental ekonomi hari ini diperkirakan cenderung membawa pergerakan pasar yang lebih tenang akibat minimnya data penting ekonomi global. Meski demikian, laporan penjualan rumah baru di kawasan Amerika dan pasokan minyak mentah menjadi fokus pasar meski keduanya memiliki potensi yang kecil dalam menggeser harga pasar.