in Berita Pasar by yeremia
Hari Kamis ini (07/04) emas naik tipis setelah notulen the Fed menunjukkan adanya ketegangan pada pandangan terhadap kenaikan suku bunga AS. Saat ini emas XAU/USD diperdagangkan pada kisaran level harga 1,225 dolar AS.

Pada Comex, New York Mercantile Exchange, harga emas futures untuk pengiriman bulan Juni naik ke harga 1,227 dolar AS per troy ounce, naik sebesar 0.29 persen. Sementara itu perak futures untuk pengiriman bulan Mei mengalami kenaikan juga ke level harga 15,105 per troy ounce, naik sekitar 0.34 persen dan harga perak futures naik tipis menjadi 2,149 dolar AS, mengalami kenaikan sebesar 0.28 persen.

Notulen The Fed
Notulen rapat FOMC menunjukkan Presiden the Fed Kansas City, Esther George memberikan suara untuk adanya kenaikan suku bunga berikutnya, akan tetapi FOMC akhirnya sepakat untuk tetap membiarkan suku bunga pada kisaran 0.25 sampai 0.50 persen dengan hasil vote 9-1. Hanya George yang berbeda pendapat karena ia memilih range suku bunga sebesar 0.50-0.75 persen.

Hampir seluruh peserta rapat, termasuk 17 anggota rapat yang hadir dan presiden the Fed regional setuju dengan suara mayoritas bahwa membuat kebijakan untuk tidak merubah suku bunga AS adalah sudah tepat.

Namun, beberapa peserta rapat memperkirakan akan ada kenaikan suku bunga sebesar 0.5 atau 0.75 persen dan menyatakan bahwa ekonomi masih bisa berkembang pada tingkat moderat meskipun faktor seperti perkembangan ekonomi di luar negeri, pasar ketagakerjaan, tingkat inflasi, dan volalitas dalam keuangan masih dalam usaha untuk peningkatan.

Selain itu, dalam notulen rapat juga tertulis, peningkatan target range untuk kenaikan suku bunga yang terlalu sering akan berisiko dan nantinya bisa memperburuk situasi konomi dan keuangan.

Setiap adanya kenaikan suku bunga oleh the Fed akan membuat harga emas menjadi bearish dan emas juga harus berjuang untuk bersaing dengan aset berimbal balik dalam bentuk bunga.

c_sf_091216_262649_EmasdanSukubunganegatif Emas Naik Tipis Saat Rilis Notulen The Fed