Gold-Invest-in-hand Emas Ditutup Turun
Emas beringsut turun pada penutupan sesi Kamis di tengah dolar yang menguat, karena investor menunggu rilis data ekonomi AS di akhir minggu ini untuk sinyal lebih lanjut tentang laju pertumbuhan PDB kuartal kedua di Amerika Serikat.

Di divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk pengiriman Juni menetap di $ 1.272,25, turun 3,25 atau 0,25%.Perak untuk pengiriman Juli anjlok 0,179 atau 1,03% ke $ 17,140 per ons. Tembaga untuk pengiriman Juli turun 0,031 atau 1,50% ke $ 2,072 per pon.

Pedagang logam cukup berhati-hati menjelang rilis laporan ritel bulanan dan konsumen AS. Pada Jumat pagi, Biro Sensus AS diperkirakan akan melaporkan peningkatan tajam dalam penjualan ritel untuk bulan April, mengikuti penurunan ringan sebulan sebelumnya.

Sementara itu, Federal Reserve telah menegaskan bahwa mereka selalu berpatokan pada laporan ekonomi yang muncul dalam memutuskan kenaikan suku bunga pertama di 2016. Pada bulan Desember, The Fed mengangkat acuan Federal Funds Rate sebesar 25 basis dengan sasaran antara 0,25 dan 0,50%. Dalam tiga pertemuan berikutnya, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) terus suku bunga jangka pendek tetap stabil, memicu spekulasi bahwa bank sentral AS bisa menunda laju kenaikan berikutnya sampai September.