in Berita Pasar by heri
Panduan Fundamental 24 Februari

Pada perdagangan hari ini, kondisi harga sekali lagi mengarah kepada percobaan indeks dollar kembali untuk menggapai level diatas 97.70 dengan upaya merapatkan barisan menaikkan suku bunga the Fed kembali merebak di pasar sebelum munculnya verbal intervensi para pimpinan dari the Fed kembali merubah arah koreksi dari indeks dollar tersebut.

Seperti kita ketahui bahwa alasan dari membaiknya indeks dollar setelah data data ekonomi AS yang terus membaik seperti inflasi dan pertumbuhan ekonomi, dengan dasar bahwa suku bunga the Fed bisa naik setidaknya sekali ditahun ini sehingga factor safe haven currencies dan commodity bisa terurai perlahan lahan, namun sanggahan sanggahan dari pejabat the Fed sendiri dengan alasan kondisi ekonomi global khususnya di zona euro dan Tiongkok bisa membuat suku bunga the Fed bisa tertahan kenaikannya, sehingga ini membuat pasar global jalan ditempat.

Selagi pasar forex sedang jalan ditempat, harga emas masih bisa melejit lagi ke level 1240 bila harga minyak sentuh level koreksinya lagi di kisaran 30an, dengan potensi safe haven commodity emas muncul ketika data sediaan minyak AS melejit lagi. Namun harga mas bsa melemah lagi ke 1214 hari ini bila harga minyak bisa melejit ke level 35an.

Kejelasan dari harga minyak ini sedikit banyak bisa menggiring arah perdagangan di pasar uang, saham dan komoditi dunia dimana bila harga naik dari minyak dapat mengarah kepada tergerusnya safe haven currencies dan commodity disertai membaiknya pasar saham. Dalam hal ini harga emas, obligasi dan euro bisa terkulai.

Hari ini data penting selain data sediaan minyak AS, data penjualan rumah baru AS dapat menjadi penentu arah kebijakan moneter dari the Fed dimana sector perumahan ini bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonominya. Dari pengamatan tim riset Financeroll, bahwa penjualan rumah baru dii AS akhir akhir ini sedikit agak seret sehingga peluang koreksi dari dollar akan sedikit muncul.