in Berita Pasar by yeremia
Pesanan mesin Jepang dilaporkan sedikit di bawah ekspektasi pada bulan Desember, tetapi perkiraan untuk pesanan mesin untuk kuartal pertama tahun ini menunjukkan kenaikan yang cukup besar melihat level-level investasi yang akan datang.

Pesanan mesin Jepang, tidak termasuk kapal dan alat-alat listrik, meningkat dalam penyesuaian musiman 4.2 persen bulan ke bulan pada Desember, demikian menurut data yang dirilis oleh Cabinet Office Jepang hari Rabu (17/02) pagi ini. Sebelumnya, data tersebut melorot 14.4 persen sebulan sebelumnya. Para analis mengekspektasikan pesanan mesin untuk bulan Desember lalu akan naik 4.6 persen.

Sementara itu, survei manufaktur pada bulan Desember mengindikasikan bahwa pesanan mesin Jepang inti akan naik 8.6 persen pada kuartal pertama tahun 2016, menyusul kenaikan 4.3 persen pada kuartal yang berakhir pada Desember 2015. Kenaikan besar dalam investasi aset-aset tetap yang diestimasikan untuk bulan kuartal bulan Maret nanti menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan sedang ancang-ancang untuk meningkatkan level produksi. Kondisi ini merupakan kabar baik bagi pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan GDP Jepang dalam rilis pendahuluan di awal minggu ini mengungkapkan bahwa perekonomian terkontraksi 0.4 persen pada kuartal bulan Desember, dipimpin oleh tajamnya penurunan dalam sektor konsumsi swasta.

sf_100505_TM1455678289_yen_pile Data Pesanan Mesin Jepang Meningkat, Yen Tetap Tak Berkutik