oilll8 Commodity: Harga Minyak Naik Semalam
Minyak mentah berjangka AS naik semalam, walaupun sempat jatuh dari posisi tertinggi dalam enam bulan terakhir.

Di New York Mercantile Exchange, minyak mentah WTI untuk pengiriman Juni menetap di $ 46,62, naik 0,39 atau 0,84% pada sesi. Di Intercontinental Exchange (ICE), brent untuk pengiriman Juli ditutup pada $ 47,95, naik 0,35 atau 0,74%.

Dalam Laporan Oil Market bulan Mei, IEA mengatakan output dunia naik 50.000 barel per hari pada basis tahunan bulan lalu, jauh di bawah keuntungan tahunan sebesar 3,5 juta barel per hari pada bulan April 2015. Pada saat yang sama, IEA merevisi naik pertumbuhan permintaan global untuk kuartal pertama tahun 2016 menjadi 1,4 juta barel per hari, diantara penguatan di India, Tiongkok dan Rusia. IEA percaya keuntungan yang kuat membantu mengimbangi peningkatan dalam pasokan minyak global dengan 250.000 barel per hari menjadi 96,2 juta barel per hari pada bulan April.

Meskipun demikian, harga minyak telah turun dari posisi tertinggi sesi setelah perusahaan intelijen pasar Genscape melaporkan adanya peningkatan sekitar 549.000 pada Cushing Oil Hub di Oklahoma untuk periode mingguan sampai tanggal 10 Mei. Cushing, titik pengiriman utama untuk minyak NYMEX, adalah fasilitas penyimpanan persediaan terbesar di AS. Jumlah persediaan terus bergerak lebih tinggi di Cushing terlepas dari adanya penutupan beberapa pipa utama pekan lalu karena efek dari kebakaran hutan di Kanada