in Berita Pasar by heri
Hong Kong – Impor Emas oleh Cina dari Hong Kong sepanjang bulan Februari kemarin mengalami kenaikan dari posisi terkecilnya sejak 2011 lalu dibulan Januari.

Angka pembelian yang dilakukan oleh Cina mencapai 42,9 metrik ton dari sebelumnya dibulan Januari yaotu 17,6 metrik ton. Sebagaimana dilansir oleh Departemen Statistik dan Sensus Hong Kong pada Selasa (29/03/2016), bahwa pembelian yang dilakukan oleh Cina ini totalnya mencapai 55,1 ton, termasuk dengan bulir-bulir emas. Pihak Cina sendiri tidak mempublikasikan angka impor emas ini.

Para investor di Cina telah melakukan pembelian emas ditengah penurunan pasar saham dan melambatnya pertumbuhan ekonomi negeri Tirai Bambu ini. Indek saham gabungan mengalami penurunan sebesar 24 persen dalam dua bulan pertama ditahun ini. Pihak Bank Sentral Cina juga mengeluarkan kebijakan untuk menambah modal cadangan ke bank sentral bagi perbankan nasional Cina. Sebagai tambahan, angka impor emas dibulan Desember mencapai 111,3 ton, yang merupakan angka tertinggi mereka dalam dua tahun terakhir ini.