in Forex Tips & Trick by yeremia
Ada banyak alasan dan faktor mengapa Metatrader tidak tehubung atau no connection. Trader dengan jam terbang tinggi tentunya sudah familiar dengan masalah ini. Untuk trader baru, hal ini mungkin akan membuat kepala pening. Ingin segera trading kok no connection. Apa yang harus dilakukan?

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum terjadinya no connection pada metatrader, serta cara mengatasinya.

Sebab Metatrader Tidak Dapat Terhubung

1. Koneksi Internet

Hal ini dapat disebut sebagai faktor utama Metatrader tidak dapat terhubung. Periksalah koneksi internet Anda, apakah sudah terhubung melalui web browser dengan membuka website apapun. Koneksi internet yang telalu lambat pun akan mempengaruhi sambungan Metatrader dengan server.

2. Anti Virus, Firewall atau Software Internet Security

Kasus ini adalah yang paling umum terjadi. Perhatikan setting antivirus anda. Beberapa antivirus tersetting untuk menghalangi terjadinya transfer data dari beberapa server yang dianggap berbahaya atau ilegal. Dengan alasan yang sama, Firewall atau Software Internet Security akan melakukan hal yang sama: memblokir koneksi internet Anda. Apa yang harus Anda lakukan adalah mematikan antivirus atau merubah setting selama Metatrader terbuka

3. Perbaikan Pada Website Broker

Ada kemungkinan situs broker Anda terdapat pada server utama MT4 atau Pusat data MT4. Kunjungi situs broker Anda dan lihat pada bagian “Berita” atau “News”, apakah terdapat pemeberitahuan menegenai pemeliharaan server yang sedang berlangsung? Maintenance atau perbaikan server mempengaruhi koneksi Metatrader ke server.

4. Komputer Kantor atau Secured Wifi

Jika Anda melakukan trading di kantor atau tempat dengan secured wifi lainnya dan tidak dapat tersambung pada server Metatrader, maka kemungkinan koneksi internet anda dibatasi. Admin kantor atau wifi dapat membatasi kunjungan anda pada website-website tertentu. Mintalah ijin pada administrator untuk dapat mengakses data dan menjalankan Metatrader.

Jika Masih Tidak Bisa…
Jika Anda telah memeriksa hal-hal tersebut diatas namun Metatrader tetap tidak tersambung pada server, coba lakukan beberapa hal dibawah ini.

1. Rescan Server
Anda dapat melakukan rescan server dengan mengklik kiri Signal Status Bar Server. Signal Status Bar Server terdapat pada pojok kanan bawah Metatrader.

Dengan melakukan rescan Metatrader akan mencari server yang tersedia dan cobalah untuk malakukan koneksi dengan server-server tersebut. Cobalah beberapa kali setiap 30 detik karena adanya kemungkinan gagalnya koneksi pada saat melakukan re-connect.

2. Restart Metatrader
Cara paling simpel untuk dilakukan adalah restart. Restart Metatrader dapat dilakukan dengan menekan tanda X pada sudut kanan atas, seperti pada program lain. Atau dengan mengklik “File” pada menu diatas kemudian pilih “Exit”.

Sebelum membuka kembali Metatrader, dianjurkan untuk menunggu sekitar 30 detik. Ini akan memberikan waktu agar Metatrader untuk mengupdate hal-hal yang diperlukan ketika melakukan exit.

3. Ulangi Login Akun Trading
Untuk mengulangi login akun trading, klik “File -> Login to Trade Account”. Pastikan kolom Login, Username dan Server telah terisi. Namun, jika sebelumnya anda sukses login kolom-kolom tersebut semestinya sudah terisi.

Akan tetapi, tetap lakukan pengecekan terhadap nomor akun login, password dan server. Copy paste sangat dianjurkan untuk menghindari kesalahan pengetikan atau typo saat login.

4. Login Dengan Server Lain
Mayoritas broker memiliki lebih dari satu server untuk koneksi. Ketika anda membuka “File -> Login to Trading Account” tepat di bawah kolom password terdapat kolom server. Anda dapat memilih server mana yang ingin anda gunakan. Dalam beberapa kasus, bisa saja seseorang melakukan login ke server yang salah. Jika hal tersebut terjadi akan muncul pesan “Invalid Account” pada sudut kanan bawah Metatrader. Akan tetapi, meskipun yang muncul adalah pesan “no Connection” ada baiknya tetap melakukan cek server.

5. Cek Jurnal Metatrader
Sering kali trader mengabaikan tab Journal pada Metatrader. Tab ini terdapat di bagian bawah bersebelahan dengan tab Trade, Exposure, Mailbox dan sebagainya. Ketika Anda melihat tab Journal, disana akan ada beberapa pesan. Salah satu adalah pesan error, termasuk tidak adanya koneksi. Dalam pesan tersebut terdapat penjelasan singkat penyebab terjadinya error.

6. Mengontak Support
Gangguan pada server broker salah satunya ditandai dengan tidak adanya koneksi pada metatrader, namun dapat mengakses website pada browser.