in Berita Pasar by heri
Retail-Tiongkok Bursa Tiongkok Lanjutkan Penguatan
Bursa saham Tiongkok melanjutkan penguatannya, dengan mengirim indeks acuan ke level tertinggi dalam tiga pekan. Dipicu upaya pemerintah mempercepat langkah-langkah untuk mencegah perlambatan perekonomian lebih dalam. Indeks Komposite Shanghai naik 1,1 % ke level 2.867, 34 pada penutupan perdagangan Rabu, dipimpin oleh perusahaan-perusahaan industri dan teknologi.

Indeks itu naik 3,3 % pada hari Selasa lalu menyusul data yang menunjukkan bank-bank nasional membagikan sejumlah catatan pinjaman pada bulan Januari. Perusahaan yang berhubungan dengan pertahanan reli di tengah meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan. China meningkatkan dukungan untuk ekonomi dengan merampingkan pengeluaran dan mempertimbangkan langkah-langkah baru untuk meningkatkan pinjaman bank. Kepala badan perencanaan nasional membuat lebih banyak uang tersedia untuk pemerintah daerah guna mendanai proyek-proyek infrastruktur baru.

Sementara, kabinet telah membahas menurunkan rasio minimum ketentuan bahwa bank harus menyisihkan untuk kredit macet. Ekonomi tumbuh 6,8 % kuartal terakhir, laju paling lambat sejak krisis keuangan global. Komposite Shanghai turun 19 % tahun ini, mengalami penurunan terbesar di antara indeks acuan global setelah Yunani dan Italia, kekhawatiran perlambatan dan depresiasi yuan akan memperburuk arus keluar modal.