asiaa7 Bursa Saham Asia Turun
Saham Asia jatuh sementara yen menguat setelah Kelompok 20 kepala keuangan menyatakan komitmen yang tidak jelas dalam memacu pertumbuhan pada pertemuan di Shanghai.

Shanghai Composite Index merosot ke posisi terendah sejak November 2014 karena saham di Hong Kong dan Jepang merosot. Yen mengalami penguatan bulanan terbesar sejak 2008, sementara yuan turun untuk hari ketujuh.

MSCI Asia Pacific Index turun 0,5%. Indeks Topix Jepang turun 1% setelah naik sebanyak 1,7%. Shanghai Composite merosot 2,9% dan indeks Hang Seng Hong Kong turun 1,3%.

Kerugian curam di pasar saham global dan volatilitas mata uang tahun ini telah memicu panggilan bagi G-20 untuk berbuat lebih banyak dalam meningkatkan stabilitas. Sementara menteri keuangan dari AS tidak mengusulkan stimulus terkoordinasi, mereka setuju untuk menggunakan alat moneter, fiskal, dan struktural untuk mendukung pertumbuhan. Mereka juga menegaskan kembali komitmen untuk menahan diri dari devaluasi kompetitif, dengan kepala Eurogroup Jeroen Dijsselbloem mencatat bahwa ada beberapa kekhawatiran seputar kebijakan Jepang.