in Berita Pasar by heri
asiaaj2 Bursa Asia Bergerak Positif
Bursa Asia masih terpantau positif hingga transaksi perdagangan jelang sore ini. Berdasarkan data Bloomberg, indeks MSCI Asia Pacific melaju 1,4%. Indeks Topix Jepang melonjak 3%. Seluruh dari 30 sektor yang terhimpun dalam indeks acuan Jepang ini melaju, dengan kenaikan terbesar disumbang oleh sektor perbankan yang terbang hingga 5,7%. Dalam dua hari terakhir, indeks Topix sudah mencatatkan penurunan sebesar 3,7% setelah Negeri Sakura itu diguncang gempa terbesar dalam lima tahun terakhir.

Sedangkan indeks S&P/ASX 200 Australia naik 1%. Sejumlah saham yang menyumbang kenaikan ASX di antaranya BHP Billiton Ltd yang mendaki 5,1%. Adapun indeks Hang Seng naik 0,5% dan Shanghai Composite Index tak banyak mencatatkan perubahan. Beberapa sentimen turut mengerek pergerakan bursa Asia. Salah satunya yakni posisi harga minyak yang stabil di kisaran US$ 40 per barel.

Pasar minyak menunjukkan sinyal stabil setelah kemarin (18/4) anjlok akibat kecemasan akan kesehatan ekonomi China yang memicu aksi jual pasar saham global senilai US$ 7 triliun. “Rasa skeptis perlahan-lahan mulai mereda di mana investor mengabaikan penurunan harga minyak semalam. Selain itu investor tak lagi merasa pesimistis dengan analisa mengenai kinerja perusahaan AS. Masih ada ruang untuk kejutan kenaikan,” jelas Michael McCarthy, chief market strategist CMC Markets di Sydney.

Selain itu, Morgan Stanley dan Hasbro Inc melaporkan kinerja kuartal I pada Senin kemarin yang melampaui estimasi analis. Sedangkan sejumlah perusahaan termasuk Goldman Sachs Group Inc, Johnson & Johnson, dan Yahoo! Inc dijadwalkan akan merilis kinerjanya pada hari ini.