in Berita Pasar by yeremia
Bank Sentral Jepang siap untuk mengekspansi program pembelian obligasinya dan memotong tingkat suku bunga lebih jauh di teritori negatif dalam rangka memerangi lemahnya pertumbuhan ekonomi Jepang, pernyataan ini diutarakan oleh Gubernur BoJ, Haruhiko Kuroda pada hari Rabu malam tadi di Columbia University di New York.

“Bank Sentral tidak akan ragu untuk mengambil langkah pelonggaran lebih jauh dari segi kuantitas, kulitas, suku bunga apabila memang diperlukan” kata Kuroda.

Pada Januari lalu, bank sentral Jepang ini memang mengejutkan pasar dengan penerapan suku bunga negatif demi menggenjot tingkat inflasi yang sangat rendah.

Pernyataan Kuroda tersebut senada dengan pernyataan salah seorang pejabat BoJ, Yutaka Harada, yang mengatakan bahwa bank sentral seharusnya memang tak perlu ragu untuk memutuskan kebijakan longgar tambahan jika risiko yang dihadapi ekonomi Jepang benar terwujud.

“Perekonomian Jepang sedang menghadapi risiko yang bisa memperburuk keadaannya,” kata Harada dalam pidatonya di Shimonoseki kemarin. “Jika (risiko-risiko tersebut) terwujud benar, maka siklus baik dari pendapatan yang dipergunakan untuk belanja akan terhenti, pasar tenaga kerja akan memburuk, diikuti kemudian dengan tren harga yang juga memburuk.”

sf_110749_262927_kuroda_boj_4 BoJ Siap Longgarkan Kebijakan Lagi, USD/JPY Terus Mendaki