in Berita Pasar by heri
Analisa-Fundamental BoE’s Carney Jadi Penentu Emas Kali Ini
Panduan Fundamental 31 Maret 2016

Hari-hari perdagangan kali ini sudah memasuki faktor koreksi tipis di emas kembali beredar di pasar perdagangan komoditi global.

Volatilitas harga emas dan pasar uang cukup tinggi, memberi semangat kepada investor untuk memasuki gelanggang perdagangan kembali secara besar-besaran jelang data payrolls AS terlampir di akhir pekan ini.

Fokus fundamental kali ini selain klaim pengangguran mingguan AS, tim riset Financeroll melihat potensi dari verbal intervensi Carney dapat memberi celah dan isyarat bagi investor bagaimana pergerakan pasar uang dan pasar komoditi hari ini.

Pimpinan bank sentral Inggris, Mark Carney, memang sebetulnya tidak diperhitungkan dalam kancah perdagangan keuangan global khususnya emas, namun menurut tim Financeroll beliau akan mengucap paling tidak masalah rencana Inggris keluar dari masyarakat ekonomi Eropa atau Uni Eropa, atau biasa dikenal dengan istilah Brexit.

Kita akan melihat jalan keluar ketika Inggris membuat keputusan Brexit ini oleh Carney karena menurut tim riset Financeroll bila keputusan Brexit ini terjadi maka konsekuensi ekonomi Inggris bisa menggoyahkan perdagangan global, sehingga potensi safe haven emas dapat muncul ketika investor ragu terhadap Inggris dapat gagal mengatasinya.

Namun bila Carney dapat memberi kepastian terhadap solusi jangka panjang masalah Brexit ini maka investor tentunya tidak akan beralih untuk mengoleksi emas secara besar-besaran namun tentunya lebih memilih mengoleksi poundsterling atau surat berharga Inggris kembali.
Semoga bermanfaat!