in Berita Pasar by heri
dolar-Aussie63-1 Aussie Berbalik Percaya Diri
Dolar Australia berbalik menguat terhadap dolar US, pasca RBA mereview stabilitas keuangannya hari ini, Jumat (15/4).

AUDUSD menguat 0.22% di level 0.7710. Sistem keuangan dalam bentuk keseluruhan masih berada dalam posisi yang solid, meskipun risiko telah tumbuh di apartemen, sektor komersial dan recource, seperti yang ditunjukkan dari laporan RBA beberapa jam lalu.

Dalam laporan tahunan di halaman 62 tertulis pada kesehatan sektor perbankan, RBA menyoroti risiko dalam dan luar negeri. Salah satu risiko ini adalah kemungkinan kerugian besar pada pinjaman toresidential pengembang properti dan portofolio properti komersial, diberikan keprihatinan tentang kelebihan pasokan. Ditambahkan selain itu, eksposur sumber daya telah menunjukkan tanda-tanda pelemahan, akan tetapi ini hanya mewakili bagian kecil dari eksposur total mereka.

Tiongkok yang menjadi partner dagang utama dari Australia mengatakan investor Tiongkok telah agresif, baik dalam sektor perumahan maupun komersial. “Jika permintaan Tiongok menurun secara signifikan, dimana bisa ditimbang pada harga properti domestik sehingga menyebabkan kerugian, terkait dengan eksposur properti,” sambung catatan dari review RBA. Bank sentral menambahkan bahwa tidak adanya risiko domestik tampaknya cukup pada mereka sendiri untuk serius menurunkan fungsi sistem keuangan, meskipun mereka bisa memperburuk kejutan yang lebih besar dari tempat lain.