0 Analisa Komprehensif Komoditi, 2 Maret 2016
Pergerakan Emas : Pergerakan emas melemah karena pasar ekuitas Amerika berbalik naik tajam dan dolar Amerika menguat dimana kontrak emas untuk pengiriman April turun 3,6 dolar menjadi 1.230,80 dolar per ounce.

-Laporan Australia : Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Housing Industry Association menyebutkan bahwa penjualan rumah baru di Australia mengalami kenaikan 3.1% di Januari setelah naik 6.0% di Desember.

Sedangkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Statistik Australia menyebutkan bahwa pertumbuhan domestik bruto telah naik sebesar 0.6% di kuartal empat setelah naik 0.9% di kuartal sebelumnya.

-Data Ekonomi : Data yang akan dirilis yaitu data ADP non-farm employment change Amerika diperkirakan menurun, data crude oil inventories Amerika dan data construction PMI Inggris diperkirakan meningkat.

-Perkiraan Tren : Pergerakan emas berpotensi melemah menuju level 1210.73 selama pasar ekuitas masih dalam tren penguatan sehingga untuk sementara investor tidak melirik logam mulia sebagai investasi safe haven.