0 Analisa Komprehensif Komoditas, 16 Mei 2016
Minyak mentah tetap mendatar di awal Senin dengan pasokan global menjadi fokus pedagang meskipun terlihat tanda-tanda produksi yang lebih rendah. Di New York Mercantile Exchange, minyak mentah untuk pengiriman Juni naik tipis 0,15% ke $ 46,28 per barel. Pada minggu ini pedagang minyak akan fokus pada data persediaan di AS pada hari Selasa dan Rabu yang akan dijadikan sinyal pasokan dan permintaan terbaru.

Baker Hughes mengatakan pada Jumat malam jumlah rig pengeboran minyak di AS turun 10 di pekan lalu menjadi 308, menandai minggu kedelapan penurunan berurutan. Pada saat ini tahun lalu, pengebor mengoperasikan 660 rig minyak. Juga pekan lalu, kontrak berjangka minyak jatuh untuk pertama kalinya dalam tiga sesi pada hari Jumat, menjauh dari level tertinggi enam bulan, karena kekhawatiran baru atas melimpahnya pasokan global mendorong para pedagang untuk mengunci keuntungan.

Dilaporkan pula OPEC memompa 32.44 juta barel per hari (bph) pada bulan April, naik 188.000 barel per hari dari Maret.Level ini adalah yang tertinggi setidaknya sejak 2008, karena sanksi atas Iran dicabut dan gagalnya inisiatif dengan Rusia dan non-anggota lain untuk mengatasi limpahan pasokan. Kelompok produsen ini memperingatkan bahwa banjir pasokan global dapat meningkat tahun ini karena lonjakan hasil produksi dari anggotanya.

Di ICE Futures Exchange di London, minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli turun 25 sen, atau 0,52%, mengakhiri minggu lalu di $ 47,83 per barel. Brent sempat menanjak di tengah laporan tentang serangan militan pada fasilitas minyak lepas pantai Chevron yang dioperasikan di wilayah Niger Delta yang kaya minyak di Nigeria serta berita dari gangguan pasokan di Libya. Brent futures telah naik sekitar 65% setelah sempat berada di bawah $30 per barel pada pertengahan Februari

Sementara itu emas naik tipis di awal sesi Asia hari Senin karena investor menunggu petunjuk tambahan dari Federal Reserve pada prospek kenaikan suku bunga dan berekasi terhadap data PPI Jepang yang suram. Emas untuk pengiriman Juni di divisi Comex New York Mercantile Exchange naik 0,20% menjadi $ 1.275,25 per troy ounce. Perak untuk pengiriman Juli, naik 0,11% ke $ 17,150 per troy ounce

Di Jepang, data PPI untuk bulan April turun 0,3% (month-on-month) dan terjadi penurunan 4,2% (year-on-year) Pada minggu ini investor dan pelaku pasar akan mengalihkan perhatian mereka ke hasil dari pertemuan kebijakan Fed bulan Maret untuk mendapatkan petunjuk terbaru tentang waktu kenaikan suku bunga AS berikutnya. Data inflasi AS juga akan menjadi fokus, karena investor mencoba untuk mengukur apakah ekonomi terbesar di dunia ini cukup kuat untuk menahan kenaikan suku bunga lebih lanjut pada tahun 2016.