in Berita Pasar by heri
title_pic_story_full Analisa Komprehensif Forex,2 Mei 2016
Dolar AS Masih Dibayangi Atmosfir Bearish

Pada awal pekan bulan Mei ini, pergerakan dolar AS terhadap mata uang utama lainnya masih terlihat santai. Riak kecil terjadi pada AUDUSD pada sesi transaksi zona waktu Asia, setelah dirilis data AUD NAB Business Confidence untuk bulan April, tercatat lebih kecil dari sebelumnya, yaitu pada indeks 5 dari 6 dan data tersebut sempat menekan AUDUSD mendekati area support 0.7587 setelah sejak opening Asia, AUDUSD sempat menyapa area pivot (0.7619)

Namun, secara general tekanan jual nampaknya masih mengintai AUDUSD setelah pada sepanjang pekan kemarin, AUDUSD meninggalkan jejak candle berpola bearish, menyusul spekulasi cut-rate sebesar 25 basis point mulai menyeruak, setelah data kuartal pertama untuk harga indeks konsumen mengisyaratkan inflasi secara signifikan menurun.

Sentiment negatif yang melingkari AUDUSD, nampaknya kontras dengan rival mata uang utama lainnya, semisal euro, swiss, sterling dan yen, yang mengindikasikan dominasinya terhadap dolar AS pada sepanjang sesi tranasksi pekan kemarin, Indeks dolar AS (USD) sebagai parameter kekuatan dolar AS terhadap enam mata uang utama lainnya termonitor anjlok tajam dan meninggalkan jejak candle weekly berpola long bearish .

Pada hari ini, faktor internal akan menguji dolar AS antara lain data indikator ekonomi USD ISM Manufacturing PMI dengan estimasi 51.6 dari 51.8 yang akan dirilis pada jam 21.00 WIB. Jika data tersebut berlabel “mengecewakan”, maka ekstensi jual yang mendera dolar AS pada hari ini akan berlanjut. Sementara EURUSD akan dipengaruhi langsung oleh pidato Presiden ECB, Mario Draghi pada jam 21.00 WIB pada perhelatan Asian Development bank’s 49th Annual Meeting di Frankfurt