in Berita Pasar by heri
title_pic_story_full Analisa Komprehensif Forex, 8 April 2016
Pernyataan Yellen menopang Dolar AS dari tekanan sebelumnya

Mata uang dolar Amerika pada perdagangan pagi ini masih mempertahankan recovery terhadap major currencies kecuali terhadap yen secara umum masih dalam posisi tertekan. Membaiknya data klaim pengangguran Amerika yang telah diumumkan tadi malam untuk sementara berhasil meredam tekanan terhadap greenback lebih lanjut. Akan tetapi pernyataan dari pimpinan federal reserve Amerika masih kerap membayangi pergerakan dolar AS dalam beberapa hari terakhir ini.

-Kenaikan suku bunga The Fed kemungkinan ditunda

Pernyataan dari pimpinan Federal Reserve Amerika Janet Yellen dini hari tadi sudah jelas ia komit akan mengubah kebijakan suku bunga bank sentral AS dengan catatan fundamental ekonomi AS terus mendukungnya. Situasi ekonomi global, penurunan harga minyak dan indikator ekonomi AS akhir-akhir ini belum sepenuhnya sesuai dengan ekspektasi sehingga cukup logis ada asumsi di kalangan investor mengenai kemungkinan ditundanya kenaikan suku bunga The Fed sampai pertengahan tahun ini.

-Yen mulai melemah kembali

Mata uang yen secara perlahan melemah kembali merespon pernyataan dari Janet Yellen akan peluang kenaikan suku bunga The Fed. Namun bayang-bayang sentimen safe haven dan imbas dari pernyataan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sebelumnya belum sepenuhnya mereda dan bisa memicu yen kembali pada jalur penguatannya lagi. Poundsterling kembali tergelincir pasca pernyataan Yellen, isu dominan akan sentimen Brexit serta antisipasi data manufaktur produksi Inggris sore ini diyakini bisa membebani laju the cable .

Untuk pergerakan hari ini tidak banyak data ekonomi yang signifikan bisa mempengaruhi pergerakan, hanya ada data manufaktur produksi Inggris yang diperkirakan bisa menurun, employment change Kanada diproyeksikan akan meningkat dan data pengangguran di Kanada diperkirakan unchange. Pernyataan yang perlu diperhatikan akan datang dari salah satu anggota FOMC William Dudley.

-Greenback coba melaju lagi

Untuk perdagangan hari ini kami memperkirakan mata uang dolar Amerika berpeluang pulih dari tekanan major currencies lainnya sebagai imbas dari Pernyataan Yellen yang tetap komit mendukung perubahan kebijakan moneter The Fed meskipun dengan dibarengi berbagai catatan. Sinyal profit taking buy back greenback di akhir pekan oleh para spekulan pasar cukup besar peluangnya pasca tekanan terhadap greenback dalam beberapa hari terakhir ini. Belum jelasnya realisasi kenaikan suku bunga federal reserve akan menahan para investor untuk tidak menekan dolar AS lebih jauh jelang pertemuan bank sentral AS pada akhri bulan ini.