in Berita Pasar by heri
Data AS “Mixed”, Namun Dolar AS Masih Prima

Performa dolar AS terhadap rival karensi utama lainnya relatif tidak banyak perubahan cukup signifikan, meski secara general masih mengendalikan tren, terutama versus mata uang zona Eropa dan Inggris. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh rilisan data dari Washington yang berlabel “mixed” sehingga sejenak meredam agresivitas para trader.

Data untuk existing home sales naik 0.4% pada bulan Januari menjadi 5.47 jut unit dari 5.45 juta unit pada Desember. Sementara para analis menyodorkan estimasi menurun sebesar 2.9% menjadi 5.32 juta unit untuk Januari.

Sementara US Conference Board melaporkan bahwa index of consumer confidence, anjlok menuju level terendah dalam tujuh bulan, yaitu 92.2 pada bulan Februari, dari 97.8 pada Januari lalu, setelah data tersebut direvisi dari laporan sebelumnya, 98.1. Dan data tersebut masih jauh lebih jelek dari estimasi turun dari para analis, yaitu 97.0.

Di sisi lain, penampilan tidak fresh masih mengitari jejak euro, setelah data German Ifo Business Index, turun menuju level terendah dalam 14 bulan, 105.7 pada bulan Februari, setelah tercatat 107.3 pada Januari lalu. Jauh dibawah ekspektasi analis, 106.7.

Performa rapuh juga masih ditunjukkan oleh the cable, lantaran sentimen negatif masih membayanginya, menyusul diskusi cukup intens mengenai kemungkinan Inggris keluar dari Uni Eropa, meski Gubernur BOE, Mark Carney di sela-sela inflation report hearing Selasa (22/02/2016) kemarin menandaskan akan menentang setiap gagasan keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Dari Swiss, dilaporkan bahwa Presiden SNB, Thomas Jordan mengingatkan bahwa pihaknya tidak akan mengambil langkah-langkah “tanpa akhir” untuk melonggarkan kebijakan moneter. Pernyataan Jordan nampaknya sebagai indikasi SNB akan menegaskan lagi kebijakan pemangkasan suku bunga lebih lanjut

Indeks dolar AS (USD), penakar kekuatan dolar AS atas enam mata uang utama lainnya, masih bertahan pada level yang dicapai hari Senin (22/002/2016), meski meninggalkan rentang transaksi yang tipis

Konsistensi dolar AS dalam mengendalikan tren, hari ini akan diuji oleh publikasi data untuk item USD New Home Sales dengan estimasi 522 K dari sebelumnya 544 K, pada jam 22.00 WIB.