in Berita Pasar by heri
-Pernyataan Draghi lambungkan Euro

Mata uang dolar Amerika pada perdagangan pagi ini berbalik melemah terhadap major currencies karena imbas dari pernyataan pimpinan bank sentral Eropa Mario Draghi, ia menegaskan bahwa ECB nampaknya tak akan melakukan pemangkasan suku bunga kembali pada pertemuan bank sentral berikutnya. Para investor merespon sikap Draghi tersebut dengan kembali buy back euro. Sinyal dari Mario Draghi bisa ditarik kesmpulan bahwa perekonomian Eropa sudah kembali ke jalur pemulihannya yang tepat.

-Optimisme recovery ekonomi Eropa

Sebelum pernyataan Draghi, euro tertekan cukup dalam merespon pemangkasan suku bunga deposit serta pelonggaran stimulus Eropa. Namun tekanan terhadap euro hanya temporer setelah Draghi memberikan penegasan akan langkah kebijakan moneter selanjutnya. Kekhawatiran akan terjerumusnya perekonomian Eropa lebih dalam lagi secara perlahan mulai mereda. Kecemasan akan divergen suku bunga dengan The Fed yang telah menyebabkan euro melemah secara perlahan mulai sirna.

-Rapat The Fed jadi fokus investor berikutnya

Fokus pasar pada pekan selanjutnya tertuju pada rapat Federal Reserve Amerika pada pertengahan bulan ini. Menguatnya kemungkinan ditundanya kenaikan suku bunga oleh The Fed jika mengacu pada indikator ekonomi AS akhir-akhir ini yang hasilnya kurang memuaskan telah menjadi faktor yang menahan dominasi greenback dalam beberapa pekan terakhir ini. Recovery dari harga minyak global turut pula berperan mempengaruhi pelemahan dolar AS.

Untuk pergerakan hari ini tidak banyak data ekonomi yang signifikan bisa mempengaruhi pergerakan, hanya ada data neraca perdagangan Inggris dengan estimasi menurun, employment change Kanada diproyeksikan membaik, sedangkan unemployment rate Kanada diperkirakan unchange. Dari Amerika sendiri hanya ada data impor price dengan estimasi sedikit menurun.

-Greenback berpotensi ditutup melemah di akhir pekan

Untuk perdagangan hari ini kami memperkirakan mata uang dolar Amerika kemungkinan berpeluang ditutup melemah terhadap major currencies lainnya pada penutupan akhir pekan ini. Hasil rapat bank sentral Eropa serta belum jelasnya akan proyeksi kebijakan moneter dari The Fed yang akan melakukan rapat pada pertengahan bulan ini akan dimanfaatkan oleh para spekulan dengan aksi selling dolar AS terlebih dahulu.