eropa Akhir Bursa Eropa Tertekan Kinerja Buruk Saham Perbankan, Pertambangan Dan Otomotif
Bursa saham Eropa berakhir melemah tajam pada akhir perdagangan hari Selasa setelah laba emiten bank terkemuka yang mengecewakan, dan penurunan tajam pada saham pertambangan dan otomotif.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 ditutup sekitar 1,7 persen turun, dengan semua sektor ditutup di wilayah negatif.

Pada penutupan bursa utama, Indeks FTSE 100 Inggris turun 0,9 persen, sementara indeks CAC 40 Perancis merosot 1,6 persen dan indeks DAX Jerman tenggelam 1,9 persen pada penutupan. Penurunan tajam dari saham bank membebani indeks IBEX Spanyol dan indeks FTSE MIB Italia, yang keduanya ditutup turun lebih dari 2 persen.

Indeks FTSE 100 ditutup pada posisi 6.185,59, turun -56,30 poin atau -0,90%

Indeks DAX ditutup pada posisi 9.926,77, turun -196,50 poin atau -1,94%

Indeks CAC 40 ditutup pada posisi 4.371,98, turun -1,6%

Indeks IBEX 35 ditutup pada posisi 8.764,90, turun -257,20 poin atau -2,85%

Lihat : Awal Bursa Eropa Tertekan Kinerja Buruk Sektor Pertambangan Dan Otomotif

Pasar Saham Eropa gagal untuk mendapatkan sentimen dukungan dari beberapa keuntungan pasar Asia, dengan pasar yang ditutup mixed, meskipun indeks manufaktur Tiongkok mengecewakan.

Aktifitas di pabrik-pabrik Tiongkok menyusut pada April karena permintaan stagnan, memaksa perusahaan untuk memotong tajam pekerjaan, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Selasa (03/05), yang kembali menimbulkan keraguan apakah negara dengan ekonomi kedua terbesar di dunia tersebut akan pulih.

The Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers (PMI) turun menjadi 49,4 bulan lalu, di bawah ekspektasi pasar 49,9 dan turun sedikit dari bulan Maret 49,7.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Kecil Menengah Tiongkok April Menyusut

Sektor sumber daya dasar tertekan di belakang data manufaktur Tiongkok, ditutup turun 6,4 persen. Saham Anglo American merosot 12,8 persen, sementara saham Rio Tinto, Glencore dan BHP Billiton semua ditutup lebih dari 6 persen lebih rendah.

Perusahaan logam mulia Fresnillo, tergelincir lebih dari 3,5 persen meskipun melaporkan bahwa mereka telah mencapai rekor produksi emas dan perak pada tahun 2015, dan mengatakan bahwa 2016 akan “melihat perubahan” setelah “tantangan operasional” tahun lalu.

Sebuah penurunan tajam dalam harga minyak juga menekan pasar, karena meningkatnya produksi dari Laut Utara dan Timur Tengah memicu kekhawatiran baru dari melimpahnya pasokan global di antara investor, Reuters melaporkan. Keduanya, minyak mentah Brent dan minyak mentah AS turun 2 persen atau lebih pada penutupan Eropa, diperdagangkan pada masing-masing $ 44,89 dan $ 43,60. Hal ini menyebabkan saham jatuh, dengan saham Tullow Oil tenggelam 11,6 persen.

Pendapatan bank menjadi sorotan di Eropa pada hari Selasa. HSBC melaporkan penurunan 18 persen pada laba sebelum pajak disesuaikan dengan $ 5430000000 pada kuartal pertama, dengan saham membalikkan keuntungan sebelumnya untuk menutup beberapa 1,6 persen ke bawah.

Saham bank Perancis BNP Paribas awalnya rally setelah melaporkan kenaikan 10 persen laba bersih pada kuartal pertama, mengalahkan ekspektasi, namun divisi perbankan investasi terpukul dari lingkungan pasar yang bergejolak. Turbulensi di sektor keseluruhan namun disebabkan untuk menutup 1 persen ke bawah.

Bank Jerman, Commerzbank melaporkan laba bersih dari 163 juta euro ($ 188.000.000) untuk kuartal pertama tahun 2016, 52 persen tahun-ke-tahun jatuh, mengirimkan saham ditutup turun 9,5 persen.

Laba UBS kuartal pertama disesuaikan sebelum pajak datang di 1,4 miliar franc Swiss ($ 1470000000), bank melaporkan pada hari Selasa, turun dari laba disesuaikan sebelum pajak sebesar 2,3 miliar franc Swiss pada periode yang sama di tahun 2015. Bisnis manajemen kekayaan menarik kuat arus masuk, tetapi mengatakan ia melihat volume transaksi yang tidak normal pada kuartal pertama sebagai klien menjadi lebih risk averse. Saham tenggelam 7,5 persen.

Saham produsen mobil Jerman BMW turun 3,8 persen setelah melaporkan penurunan 2,5 persen pada laba kuartal pertama sebelum bunga dan pajak (EBIT), meleset dari perkiraan pasar.

Maskapai penerbangan Jerman Lufthansa mengatakan itu memperlambat pertumbuhan kapasitasnya karena tekanan harga, menambahkan bahwa serangan di Brussels dan Paris mempengaruhi perilaku pesanan pelanggan. Operator melaporkan kuartal pertama rugi disesuaikan sebelum bunga dan pajak dari 53 juta euro penyempitan dari hilangnya € 167.000.000 pada periode yang sama tahun lalu. Saham ditutup lebih dari 5 persen lebih rendah. Maskapai lain termasuk IAG dan Air France-KLM juga selesai di wilayah negatif.

Di tempat lain, saham RSA Insurance Group muncul 2,8 persen setelah Barclays menaikkan target harga untuk saham.

Tapi saham perusahaan pengelolaan dana British Aberdeen Asset Management ditutup turun lebih dari 7 persen setelah melaporkan penurunan tajam dalam laba sebelum pajak untuk enam bulan hingga 31 Maret.

Saham layanan pengiriman makanan Just Eat rally, menutup naik hampir 5 persen dan salah satu pemain terbaik setelah menaikkan proyeksi setahun penuh.

Analyst memperkirakan pada perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati perkembangan bursa Asia dan harga minyak mentah