in Berita Pasar by heri
Analisa-Fundamental ADP AS Bisa Kokohkan Emas
Panduan Fundamental Harian 30 Maret 2016

Perdagangan hari ini nampak akan dimulai dengan kembalinya pasar yang bergairah sebelum data NFP rilis di akhir pekan nanti.

Dalam beberapa hari perdagangan di pasar uang dan pasar komoditi lalu, arah pergerakan masih disitu-situ saja dengan rasa kebimbangan pasar untuk mengoleksi atau melepas portofolio yang ada karena investor sedang mencari titik terang untuk masa 3 bulan perdagangan ke depan.
Ketika data NFP muncul isyarat arah perdagangan akan sedikit demi sedikit dapat timbul di permukaan. Hari ini ada data ADP yang merupakan titik awal dari bagaimana data NFP milik pemerintah AS nanti akan rilis di Jumat.

Data ADP akan memproses besaran penerima upah yang dilakukan oleh sektor swasta sehingga menurut tim riset Financeroll data ini merupakan pengejawantahan atau seberapa besar penerima upah sesungguhnya. Menurut tim Financeroll ADP kali ini akan mengalami sebuah proses penurunan sedikit, karena index partisipasi kerja dan pembukaan lowongan kerja baru serta pemasangan iklan lowongan kerja baru sedang lunglai sesaat pasca libur panjang awal tahun di AS.
Bila hal ini terjadi maka ada kesempatan bagi emas untuk dikoleksi investor sesaat sebelum data NFP muncul. Index dollar juga akan mengalami koreksi kembali secara sesaat sebelum data situasi tenaga kerja pemerintah AS rilis di akhir pekan nanti.
Semoga bermanfaat