in Fundamental by yeremia
Jum’at, 8 April 2016:

Jam 14:15 WIB: data Consumer Price Index (CPI) Swiss bulan Maret 2016 (Berdampak medium-tinggi pada CHF)
CPI adalah indikator utama guna mengukur tingkat inflasi di Swiss, dan karena perekonomian Swiss tidak sebesar negara-negara mata uang utama lainnya, maka data yang dirilis adalah CPI total (termasuk konsumsi makanan dan bahan bakar) dan tidak ada kategori CPI inti (Core CPI) seperti pada umumnya negara lain. Sama dengan tetangganya kawasan Euro, saat ini deflasi sedang melanda Swiss. Rilis data berupa perubahan CPI dibandingkan bulan sebelumnya (m/m) dan dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya (y/y). Yang berdampak tinggi adalah data inflasi tahunan atau CPI total y/y.

Bulan Pebruari lalu inflasi tahunan Swiss kembali turun 0.8% (atau -0.8%), lebih baik dari perkiraan yang akan turun 1.1% dan merupakan persentase penurunan terendah sejak Pebruari 2015, sementara untuk basis bulanan (m/m) CPI total naik 0.2%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan turun 0.1% dan yang tertinggi sejak bulan Mei 2015 akibat naiknya harga perumahan (+0.1%), ongkos transportasi (+0.1%) dan makanan (+0.3%). Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan CPI total y/y akan kembali turun 0.9% (atau -0.9%) dan untuk m/m akan naik 0.3%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan CHF menguat.

Jam 15:30 WIB: data Manufacturing Production dan Industrial Production Inggris bulan Pebruari 2016 (Berdampak tinggi pada GBP)
Data Manufacturing Production biasanya lebih berdampak dibandingkan Industrial Production yang dirilis pada waktu yang bersamaan. Sektor manufaktur sangat erat hubungannya dengan tenaga kerja, tingkat pendapatan dan tingkat pengeluaran konsumen. Manufacturing Production atau Factory Production adalah leading indicator bagi laju perekonomian Inggris pada umumnya dan sektor ini di Inggris mempunyai porsi sekitar 80% dari total output produksi, oleh karenanya data ini lebih berdampak.

Sektor industri mencakup pertambangan serta jenis industri lain yang non-manufaktur. Rilis data berupa persentasi perubahan dibandingkan bulan sebelumnya (month over month atau m/m) dan tahunan (year over year atau y/y) yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Yang lebih berdampak adalah data m/m

Bulan Januari lalu produksi sektor manufaktur Inggris m/m naik 0.7%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.2% dan merupakan persentase kenaikan tertinggi sejak September 2015, sementara untuk basis tahunan (y/y) turun 0.1% (atau -0.1%), lebih baik dari perkiraan yang akan turun 0.7% dan merupakan persentase penurunan terendah sejak bulan Juni 2015.

Sementara itu untuk sektor industri non-manufaktur (Industrial Production) bulan Januari lalu naik 0.3%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.6% dan merupakan persentase kenaikan tertinggi sejak Agustus 2015, sedang untuk basis tahunan (y/y) naik 0.2%, lebih baik dari bulan sebelumnya yang turun 0.2% (atau -0.2%).

Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan Manufacturing Production m/m akan turun 0.2% (atau -0.2%) dan y/y akan turun 0.7% (atau -0.7%), sementara Industrial Production m/m diperkirakan akan naik 0.1% dan y/y akan turun 0.1% (atau -0.1%). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

Jam 15:30 WIB: data neraca perdagangan Inggris bulan Pebruari 2016 (Berdampak medium pada GBP)
Rilis neraca perdagangan Inggris secara rinci dibagi atas 3 item yaitu:
1. Visible Trade Balance yang hanya terdiri dari produk barang-barang fisik dan tidak menyertakan yang non fisik atau jasa. Item ini sering juga disebut dengan Trade Balance on Goods atau Merchandise Trade Balance.
2. Non European Union Trade Balance, yaitu neraca perdagangan total (barang dan jasa) terhadap negara-negara diluar Uni Eropa.
3. Total Trade Balance atau neraca perdagangan total (barang dan jasa) terhadap seluruh negara partner dagang Inggris. Neraca perdagangan total merupakan komponen terbesar dalam neraca pembayaran pemerintah Inggris.
Diantara ke 3 item tersebut yang paling berdampak adalah Visible Trade Balance, dan istilah neraca perdagangan selalu mengacu pada item ini.

Sejak kwartal terakhir 2012 perdagangan Inggris selalu defisit. Bulan Januari lalu defisit sebesar £ 10.3 milyard, sesuai dengan perkiraan dan lebih tinggi dari defisit bulan Desember 2015 yang £ 9.9 milyard. Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan perdagangan Inggris akan kembali defisit sebesar £ 10.3 milyard. Defisit yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan GBP.

Jam 19:15 WIB: data Housing Starts Canada bulan Maret 2016 (Berdampak medium pada CAD)
Data yang dirilis oleh Canada Mortgage and Housing Corporation (CMHC) ini mengukur jumlah pembangunan perumahan yang baru memasuki tahap konstruksi selama sebulan sebelumnya. Data ini merupakan indikator awal bagi aktivitas perekonomian pada umumnya dan pasar perumahan serta pekerjaan konstruksi pada khususnya. Pekerjaan konstruksi akan meningkatkan permintaan tenaga kerja dan produk-produk material bangunan.

Bulan Pebruari lalu jumlah pembangunan perumahan baru di Canada mencapai 212,594 unit, lebih tinggi dari perkiraan 181,000 dan yang tertinggi sejak Nopember 2015. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan Housing Starts akan akan kembali naik ke 215,000 unit. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan CAD.

Jam 19:30 WIB: data Employment Change dan tingkat pengangguran di Canada bulan Maret 2016 (Berdampak tinggi pada CAD)
Jumlah tenaga kerja merupakan indikator awal pengeluaran konsumen yang menunjukkan tingkat aktivitas perekonomian secara keseluruhan, sedang tingkat pengangguran mengukur persentasi jumlah tenaga kerja yang sedang tidak bekerja dan aktif mencari pekerjaan. Dalam waktu yang bersamaan akan dirilis data Employment Change yang menunjukkan perubahan jumlah total tenaga kerja, dan Unemployment Rate yang menunjukkan perubahan persentase tingkat pengangguran dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Bulan Pebruari lalu jumlah tenaga kerja di Canada berkurang 2,300, lebih rendah dari perkiraan yang akan bertambah 10,200 tetapi lebih baik dari bulan Januari yang berkurang 5,700. Kontraksi lapangan pekerjaan terbanyak ada di sektor pelayanan sosial dan pendidikan. Sementara tingkat pengangguran bulan Pebruari naik ke angka 7.3%, lebih tinggi dari perkiraan yang 7.2% dan yang tertinggi sejak bulan Maret 2013. Tingkat partisipasi untuk bulan Pebruari tetap pada angka 65.9%, sama dengan bulan sebelumnya.

Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan tenaga kerja di Canada akan kembali bertambah 10,400 sementara tingkat pengangguran diperkirakan tetap 7.3%. Jika hasil rilis pertambahan tenaga kerja lebih tinggi dari perkiraan dan tingkat pengangguran lebih rendah dari perkiraan maka CAD akan cenderung menguat.