in Fundamental by yeremia
Kamis, 7 April 2016:
Jam 14:00 WIB: data cadangan mata uang asing di Swiss bulan Maret 2016 (Berdampak medium pada CHF)
Data cadangan mata uang asing ini dirilis oleh bank sentral Swiss (Swiss National Bank atau SNB), yang menunjukkan hasil operasi pasar SNB untuk mempertahankan nilai tukar Swiss Franc terhadap sejumlah mata uang utama. Bulan Pebruari lalu jumlah cadangan mata uang asing mencapai CHF 571.00 milyard, lebih rendah dari Januari yang CHF 575 milyard. Untuk bulan Maret 2016 analis tidak memberikan perkiraan, namun jika hasil rilis lebih rendah dari sebelumnya (CHF 595.43 milyard) maka akan cenderung mendukung penguatan CHF.

Jam 14:30 WIB: indeks harga perumahan di Inggris versi Halifax bulan Maret 2016 (Berdampak medium pada GBP)
Indikator yang disebut juga dengan HBOS House Price Index (HPI) ini mengukur perubahan harga perumahan yang dibiayai oleh Halifax Bank of Scotland (HBOS). Indeks ini dianggap sebagai indikator awal bagi kondisi industri perumahan di Inggris, dan kenaikan harga perumahan akan cenderung menarik investor untuk masuk ke sektor ini. Selain itu perubahan harga sektor perumahan juga akan mempengaruhi tingkat inflasi.

Bulan Pebruari lalu indeks harga perumahan di Inggris turun 1.4% (atau -1.4%) ke 678.0276 index point dibandingkan Januari, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.1% dan merupakan persentase penurunan tertinggi sejak September 2015. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan indeks akan kembali naik 0.8%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan GBP.

Jam 18:30 WIB: notulen meeting European Central Bank (ECB) tanggal 10 Maret 2016 (Berdampak medium pada EUR)
Notulen meeting ECB dirilis 8 kali per tahun, sekitar 4 minggu setelah meeting penentuan suku bunga. Notulen ini akan mengungkap secara detail rapat dewan gubernur yang menentukan suku bunga, besaran stimulus dan pandangan anggota dewan mengenai kondisi perekonomian kawasan diwaktu mendatang. Jika secara keseluruhan hasil meeting tersebut dianggap dovish maka EUR akan cenderung melemah, dan sebaliknya jika dianggap hawkish.
Hasil rilis notulen meeting tanggal 10 Maret 2016 bisa diunduh disini.

Jam 19:30 WIB: data Jobless Claims AS per 1 April 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Jobless Claims mengukur jumlah klaim tunjangan pengangguran selama minggu lalu, dan merupakan data fundamental paling awal yang berhubungan dengan jumlah tenaga kerja. Data Jobless Claims juga indikator awal bagi pengeluaran konsumen yang akan mempengaruhi tingkat inflasi. Ada 2 data yaitu Initial Jobless Claims dan Continuing Jobless Claims. Initial Jobless Claims mengukur jumlah mereka yang baru pertama kali menerima tunjangan pengangguran dan lebih berdampak. Indikator Jobless Claims biasanya mengacu pada data initial

Minggu lalu Jobless Claims AS kembali naik 11,000 ke 276,000 klaim dibandingkan minggu sebelumnya yang 265,000 klaim, lebih tinggi dari perkiraan 266,000 dan yang tertinggi dalam 8 minggu terakhir, sementara klaim rata-rata 4 mingguan berada pada angka 263,250 klaim, naik 3,500 klaim dibandingkan minggu sebelumnya. Meski demikian Jobless Claims AS berada dibawah angka 300,000 selama 56 minggu berturut-turut, menunjukkan pasar tenaga kerja yang stabil. Untuk minggu ini diperkirakan klaim tunjangan pengangguran akan berkurang 5,000 ke angka 271,000 klaim. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 19:30 WIB: data Building Permits Canada bulan Pebruari 2016 (Berdampak medium pada CAD)
Jumlah ijin pembangunan rumah adalah indikator awal bagi aktivitas pekerjaan konstruksi dan merupakan indikator awal bagi pasar perumahan baru di Canada. Meningkatnya Building Permits menunjukkan naiknya investasi dan optimisme pelaku bisnis perumahan. Data yang dirilis menunjukkan persentasi perubahan dibandingkan bulan sebelumnya.

Bulan Januari lalu nilai pembangunan rumah yang sudah memperoleh ijin di Canada turun 9.8% ke CAD 6.37 milyard dibandingkan Desember 2015, lebih rendah dari perkiraan yang akan turun 2.2% dan bulan Desember 2015 yang naik 7.7% (revisi dari data sebelumnya yang naik 11.3%). Untuk bulan Pebruari 2016 jumlah ijin pembangunan rumah diperkirakan akan kembali naik 4.7%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan CAD.

Waktu tentative: pidato presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi (Berdampak tinggi pada EUR)
Mario Draghi dijadwalkan berbicara mengenai perekonomian dan finansial di Portuguese President’s Council, di Lisbon.

Jum’at, 8 April 2016:
Jam 04:30 WIB: pidato ketua The Fed Janet Yellen (Berdampak tinggi pada USD)
Janet Yellen dijadwalkan berbicara di International House, di New York.

Jam 06:50 WIB: data Current Account Jepang bulan Pebruari 2016 (Berdampak medium pada JPY)
Current account mengukur perbedaan nilai impor dan ekspor barang dan jasa, aliran modal yang masuk dan dana yang ditransfer keluar selama periode sebulan. Neraca perdagangan adalah bagian dari current account. Jika hasil perdagangan dan penerimaan melebihi pengeluaran maka Current Account akan surplus, dan sebaliknya jika dana yang keluar lebih besar maka current account akan defisit. Surplus current account akan menyebabkan permintaan mata uang Yen meningkat, dan sebaliknya defisit current account akan cenderung memperlemah Yen.

Bulan Januari lalu Current Account Jepang mengalami surplus ¥ 1.49 trilliun, lebih rendah dari perkiraan yang akan surplus ¥ 1.66 trilliun dan bulan Desember 2015 yang surplus ¥ 1.69 trilliun (revisi dari data sebelumnya yang surplus ¥ 1.64 trilliun). Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan Current Account Jepang akan kembali surplus ¥ 1.57 trilliun. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan JPY.

Jam 07:15 WIB: pidato anggota FOMC Esther George (Berdampak medium pada USD)
Presiden Federal Reserve Bank of Kansas City yang juga anggota FOMC Esther George dijadwalkan berbicara di Nebraska.