in Fundamental by yeremia
Rabu, 6 April 2016:
Waktu tentative: indeks harga Global Dairy Trade (GDT) (Berdampak tinggi pada NZD)
Data yang dirilis oleh Global Dairy Trade ini menunjukkan harga rata-rata produk olahan susu dari hasil lelang terakhir. Indeks harga ini dirilis 2 kali dalam sebulan dan biasanya berdampak tinggi pada NZD mengingat Selandia Baru adalah salah satu negara penghasil susu dan produk susu olahan utama dunia. Susu adalah produk andalan ekspor Selandia Baru disamping daging, buah-buahan, wool dan kayu. Untuk rilis hari ini pasar tidak memberikan perkiraan, tetapi jika hasil rilis lebih baik dari sebelumnya yang turun 2.9% (atau -2.9%), maka NZD akan cenderung menguat.
Hasil rilis indeks GDT bisa dilihat disini.

Jam 08:45 WIB: indeks Caixin Services PMI China bulan Maret 2016 (Berdampak medium pada AUD dan NZD)
Indeks Caixin Services PMI yang dirilis oleh Markit ini adalah estimasi yang dibuat berdasarkan hasil survey terhadap 400 purchasing manager di seluruh China mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini hingga didapatkan gambaran prospek perekonomian kedepan. Parameter yang disurvey adalah produksi, new orders, harga, pengiriman, persediaan dan tenaga kerja. Indeks ini sering dianggap sebagai leading indicator. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan aktivitas sektor manufaktur sedang tinggi, dan rilis dibawah angka 50.0 menunjukkan terjadinya kontraksi.

Sejak Mei 2014 indeks PMI sektor jasa di China selalu berada diatas angka 50.0. Bulan Pebruari lalu berada pada angka 51.2, lebih rendah dari perkiraan 52.6 dan bulan Januari yang 52.4 akibat turunnya indeks business activity dan new orders. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan indeks akan sedikit naik ke angka 51.4. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan AUD dan NZD.

Jam 13:00 WIB: data Industrial Production Jerman bulan Pebruari 2016 (Berdampak medium pada EUR)
Indikator ini mengukur output yang dihasilkan oleh sektor manufaktur, pertambangan dan industri lainnya di Jerman. Rilis data berupa persentasi perubahan dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month over month atau m/m) dan bulan yang sama dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year over year atau y/y).

Bulan Januari lalu output industri Jerman naik 3.3%, jauh lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.6% dan merupakan persentase kenaikan tertinggi sejak September 2009 akibat naiknya indeks konstruksi (+7.0%), energi (+0.1%) dan manufacturing output (+3.2%). Sementara untuk basis tahunan (y/y) output industri naik 2.2%, persentase kenaikan tertinggi sejak Agustus 2015. Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan output industri Jerman m/m akan turun 1.8% (atau -1.8%) dan y/y akan naik 0.3%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 21:00 WIB: indeks Ivey PMI Canada bulan Maret 2016 (Berdampak medium pada CAD)
Indikator yang mencerminkan kepercayaan bisnis di Canada ini sama dengan indeks Manufacturing PMI yang dirilis oleh Markit, hanya saja untuk Canada dibuat dan dirilis oleh Richard Ivey School of Business. Indeks ini dibuat berdasarkan hasil survey terhadap 175 purchasing manager di seluruh Canada mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini hingga didapatkan gambaran prospek perekonomian kedepan. Oleh karena itu indikator ini penting bagi investor dan para pelaku bisnis dan sering dianggap sebagai leading indicator. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan ekspansi sektor industri, dan dibawah angka 50.0 menunjukkan terjadinya kontraksi.

Bulan Pebruari lalu indeks Ivey Canada berada pada angka 53.4, lebih rendah dari perkiraan 58.2 dan bulan Pebruari yang 66.0 akibat turunnya indeks supplier deliveries, inventories, prices dan employment. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan indeks akan kembali naik ke angka 55.6. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan CAD menguat.

Jam 21:30 WIB: data persediaan minyak mentah untuk industri di AS per 1 April 2016 (Berdampak pada USD dan CAD)
Data ini dirilis tiap minggu oleh Energy Information Administration (EIA) AS, dan disebut juga dengan Crude Stocks atau Crude Levels, yang mengukur perubahan jumlah persediaan minyak mentah (dalam satuan barrel) untuk industri di AS. Meski indikator ini dirilis oleh AS namun berdampak juga pada CAD mengingat impor sebagian minyak mentah AS berasal dari Canada

Karena menyangkut tingkat persediaan, indikator ini juga akan mempengaruhi harga minyak di AS dan akan berdampak pada tingkat inflasi. Minggu lalu persediaan minyak mentah untuk industri bertambah sebesar 2.299 juta barrel, lebih rendah dari perkiraan yang akan bertambah 3.100 juta barrel dan minggu lalu yang bertambah 9.357 juta barrel. Untuk minggu ini pasar tidak memberikan perkiraan, tetapi jika hasil rilis lebih tinggi dari minggu sebelumnya (+2.299 juta barrel) maka akan berdampak positif pada USD.

Jam 23:20 WIB: pidato anggota FOMC Loretta Mester (Berdampak medium pada USD)
Presiden Federal Reserve Bank of Cleveland yang juga anggota FOMC Loretta Mester dijadwalkan berbicara mengenai perekonomian dan kebijakan moneter di Cleveland Association for Business Economics.

Kamis, 7 April 2016:
Jam 01:00 WIB: notulen meeting FOMC tanggal 16-17 Maret 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Biasanya dirilis 8 kali per tahun, atau sekitar 3 minggu setelah pengumuman suku bunga The Fed. Data ini mengungkapkan hasil akhir voting para anggota FOMC yang dilakukan pada saat meeting. Perbedaan hasil voting yang menyolok akan berdampak pada pergerakan USD. Jika hasil meeting cenderung hawkish maka USD akan menguat, dan sebaliknya jika cenderung dovish maka USD akan melemah.

Pada meeting tanggal 16-17 Maret 2016 lalu, 9 anggota FOMC termasuk ketua Janet Yellen setuju untuk mempertahankan suku bunga acuan sebesar 0.25% – 0.50% yang berlaku sejak 17 Desember 2015, sementara seorang anggota menginginkan kenaikan ke 0.50% – 0.75%.

Statement yang dirilis seusai meeting dianggap dovish namun tidak menutup kemungkinan untuk kenaikan suku bunga pada meeting berikutnya, untuk itu FOMC akan mencermati perkembangan perekonomian global dan pengaruhnya pada tingkat inflasi dan tenaga kerja di AS.
Statement yang dirilis seusai meeting bisa dibaca disini, dan hasil rilis notulen meeting tanggal 16-17 Maret 2016 bisa diunduh disini.