in Fundamental by yeremia
Senin, 4 April 2016:
Jam 08:30 WIB: data Building Approvals di Australia bulan Pebruari 2016 (Berdampak tinggi pada AUD)
Building Approvals atau Building Permits ini merupakan indikator untuk aktivitas pekerjaan konstruksi bangunan yang akan mempengaruhi pertambahan tenaga kerja, pembelian produk material bangunan dan investasi perumahan. Rilis data berupa persentasi perubahan jumlah ijin bangunan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Bulan Januari lalu jumlah ijin bangunan di Australia turun 7.5% (atau -7.5%), lebih rendah dari perkiraan yang akan turun 2.9% dan juga lebih rendah dari bulan Desember 2015 yang naik 8.6%. Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan jumlah ijin bangunan akan kembali naik 2.1%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan AUD menguat.

Jam 08:30 WIB: data Retail Sales Australia bulan Pebruari 2016 (Berdampak tinggi pada AUD)
Indikator ini mengukur persentasi perubahan volume penjualan retail bulanan, baik yang dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month over month atau m/m) atau yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya (year over year atau y/y). Penjualan di tingkat retailer adalah indikator awal bagi kepercayaan konsumen, permintaan dan pengeluaran konsumen yang pada akhirnya akan mempengaruhi inflasi dan juga pertumbuhan. Di Australia yang diukur adalah Retail Sales total, termasuk juga produk otomotif. Hasil rilis berupa persentasi perubahan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Bulan Januari lalu penjualan retail total Australia m/m naik 0.3%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.4% tetapi lebih tinggi dari bulan Desember 2015 yang stagnan atau 0.0%, sementara untuk y/y naik 4.0%, sama dengan Desember 2015. Pada bulan Januari 2016 kenaikan penjualan terjadi pada produk perlengkapan rumah tangga, pakaian dan accessories-nya, makanan di restaurant, cafe dan takeaway food services. Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan penjualan retail total m/m akan kembali naik 0.4%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan AUD menguat.

Jam 15:30 WIB: indeks Construction PMI Inggris bulan Maret 2016 (Berdampak tinggi pada GBP)
Indeks yang dirilis oleh Markit ini dibuat berdasarkan survey pada 170 purchasing manager sektor industri konstruksi di Inggris mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini hingga didapatkan gambaran prospek sektor ini kedepan. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan ekspansi sektor konstruksi, dan rilis dibawah angka 50.0 menunjukkan terjadinya kontraksi. Sektor konstruksi yang disurvey meliputi kategori perumahan (resedential), komersial dan engineering sipil (manufaktur, pertambangan dan industri lainnya).

Bulan Pebruari lalu indeks PMI sektor konstruksi berada pada angka 54.2, lebih rendah dari perkiraan 55.5 dan yang terendah sejak April 2015 akibat kontraksi di sektor konstruksi perumahan. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan indeks PMI sektor konstruksi akan sedikit naik ke angka 54.3. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

Jam 15:30 WIB: indeks kepercayaan investor kawasan Euro versi Sentix bulan April 2016 (Berdampak medium pada EUR)
Indeks ini dirilis oleh Sentix sekali dalam sebulan, dan merupakan indikator awal bagi aktivitas perekonomian kawasan Euro. Indeks dibuat dengan melakukan survey pada sekitar 2800 investor dan analis mengenai pendapat mereka tentang kondisi perekonomian kawasan untuk 6 bulan kedepan. Indeks kepercayaan investor ini menggunakan angka nol sebagai patokan. Angka rilis diatas nol menunjukkan optimisme dan dibawah nol menunjukkan pesimisme.

Bulan Maret lalu indeks kepercayaan investor kawasan Euro berada pada angka +5.5, lebih rendah dari perkiraan +8.8 dan yang terendah sejak bulan Pebruari 2015. Untuk bulan April 2016 diperkirakan indeks akan kembali naik ke angka +6.9. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 16:00 WIB: data tingkat pengangguran kawasan Euro bulan Pebruari 2016 (Berdampak medium pada EUR)
(Rescheduling dari jadwal sebelumnya 1 April 2016)
Indikator ini mengukur persentasi jumlah tenaga kerja yang sedang tidak bekerja tetapi aktif mencari pekerjaan, dibanding dengan jumlah tenaga kerja total selama periode waktu sebulan. Bagi kawasan Euro indikator ini relatif kurang berdampak karena beberapa data tingkat pengangguran negara-negara dalam kawasan telah dirilis sebelumnya, kecuali jika hasil rilisnya terjadi revisi sehingga menyimpang jauh dari perkiraan pasar.

Sejak Maret 2014 tingkat pengangguran di kawasan Euro terus turun. Bulan Januari 2016 lalu berada pada angka 10.3%, lebih rendah dari perkiraan 10.4% dan yang terendah sejak bulan Agustus 2011. Diantara negara-negara di kawasan, pengangguran tertinggi ada di Yunani (24.6%) dan Spanyol (20.5%), sedang yang terendah ada di Jerman (4.3%), Republik Ceko (4.5%) dan Malta (5.1%). Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan tingkat pengangguran akan tetap pada angka 10.3%. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 22:00 WIB: data Factory Orders AS bulan Pebruari 2016 (Berdampak medium pada USD)
Data ini mengukur perubahan persentasi order pembelian produk-produk manufaktur dan industri AS dalam sebulan, dan adalah indikator awal bagi output produksi yang menunjukkan tingkat permintaan, yang pada akhirnya juga akan mempengaruhi pertumbuhan.

Bulan Januari lalu Factory Orders AS naik 1.6%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 2.1% dan merupakan persentase kenaikan tertinggi sejak bulan Juni 2015. Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan Factory Orders akan turun 1.5% (atau -1.5%). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan (atau penurunan yang lebih rendah) akan cenderung mendukung penguatan USD.