in Fundamental by yeremia
Rabu, 30 Maret 2016:
Jam 14:00 WIB: indeks KOF Economic Barometer Swiss bulan Maret 2016 (Berdampak medium pada CHF)
KOF atau Konjunkturbarometer adalah indeks leading indicator yang dibuat berdasarkan 12 indikator fundamental yang berhubungan dengan tingkat kepercayaan konsumen dan investor, produksi, order barang dan perumahan. Indikator yang disebut juga indeks kepercayaan bisnis ini dibuat guna memprediksi arah perekonomian selama 6 bulan kedepan.

Bulan Pebruari lalu indeks KOF Economic Barometer berada pada angka 102.38, lebih tinggi dari perkiraan 99.10 dan yang tertinggi sejak Meir 2015 akibat ekspektasi terhadap kinerja perekonomian Swiss untuk 6 bulan kedepan mengalami perbaikan. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan indeks akan berada pada angka 102.10. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan CHF.

Jam 19:00 WIB: data Preliminary Consumer Price Index (CPI) Jerman bulan Maret 2016 (Berdampak tinggi pada EUR)
Di Jerman yang berdampak adalah CPI total, sedang CPI inti kurang berdampak. Preliminary CPI adalah data awal tingkat inflasi bulan ini sehingga lebih berdampak dari data CPI Final yang akan dirilis dua minggu kemudian, kecuali pada data Final terjadi perubahan. Pada saat yang sama akan dirilis Preliminary CPI total untuk month over month (m/m) yaitu persentasi perubahan yang dibandingkan bulan lalu, dan year over year (y/y) yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya atau inflasi tahunan. Baik data m/m maupun y/y sama-sama berdampak tinggi karena bank sentral Eropa (ECB) akan sangat memperhatikan tingkat inflasi negara lokomotif kawasan Euro ini.

CPI total y/y final Jerman bulan Pebruari 2016 yang dirilis 11 Maret lalu menunjukkan keadaan stagnan atau 0.0%, sesuai dengan perkiraan dan yang terendah sejak bulan Mei 2015, sementara untuk basis bulanan (m/m) CPI total bulan Pebruari naik 0.4%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.6% tetapi merupakan persentase kenaikan tertinggi sejak bulan Maret 2015. Naiknya inflasi bulanan tersebut disebabkan oleh meningkatnya harga makanan (+0.7%), harga pakaian dan sepatu (+0.8%), barang-barang dan jasa lainnya (+0.2%).

Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan inflasi tahunan (CPI total y/y) akan kembali naik 0.2% dan inflasi bulanan (m/m) akan naik 0.6%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan EUR menguat.

Jam 19:15 WIB: data Non Farm Employment Change AS versi ADP bulan Maret 2016 (Berdampak medium pada USD)
Indikator ini disebut juga dengan ADP Jobs Report atau ADP Employment Report. Data yang dibuat oleh Automatic Data Processing, Inc. (ADP) ini didasarkan pada hasil riset tenaga kerja diluar sektor pertanian oleh ADP Research Institute bekerja sama dengan Moody’s Analytics, dan dianggap sebagai indikator awal data Non-Farm Payrolls (NFP) yang dirilis oleh biro statistik tenaga kerja AS. Meski kadang bisa berdampak, namun tidak sebesar dampak rilis NFP.

Bulan Pebruari lalu perkiraan dari ADP untuk jumlah job di AS bertambah 214,000, lebih tinggi dibandingkan perkiraan pasar yang akan bertambah 185,000 job dan juga lebih tinggi dari perkiraan bulan Januari yang bertambah 193,000 job. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan jumlah job di AS versi ADP Report akan kembali bertambah 194,000, Jika hasil rilis lebih tinggi dari perkiraan maka akan cenderung mendukung penguatan USD.

Jam 21:30 WIB: data persediaan minyak mentah untuk industri di AS per 25 Maret 2016 (Berdampak pada USD dan CAD)
Data ini dirilis tiap minggu oleh Energy Information Administration (EIA) AS, dan disebut juga dengan Crude Stocks atau Crude Levels, yang mengukur perubahan jumlah persediaan minyak mentah (dalam satuan barrel) untuk industri di AS. Meski indikator ini dirilis oleh AS namun berdampak juga pada CAD mengingat impor sebagian minyak mentah AS berasal dari Canada.

Karena menyangkut tingkat persediaan, indikator ini juga akan mempengaruhi harga minyak di AS dan akan berdampak pada tingkat inflasi. Minggu lalu persediaan minyak mentah untuk industri bertambah sebesar 9.357 juta barrel, lebih tinggi dari perkiraan yang akan bertambah 2.500 juta barrel dan yang tertinggi dalam 3 minggu terakhir. Untuk minggu ini diperkirakan persediaan minyak mentah akan bertambah 2.400 juta barrel. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan berdampak positif pada USD.

Kamis, 31 Maret 2016:
Jam 07:00 WIB: indeks kepercayaan bisnis Selandia Baru versi ANZ bulan Maret 2016 (Berdampak medium-tinggi pada NZD)
Indikator yang dirilis setiap bulan kecuali bulan Januari ini disebut juga dengan NBNZ Business Confidence dan dibuat berdasarkan survey terhadap sejumlah pelaku industri dan pebisnis megenai kondisi bisnis di Selandia Baru 12 bulan mendatang. Angka indeks yang positif (lebih besar dari nol) mencerminkan optimisme para pelaku bisnis, dan indeks negatif mencerminkan pesimisme.

Bulan Januari tidak ada rilis, dan bulan Pebruari lalu indeks kepercayaan bisnis berada pada angka +7.1, lebih rendah dari bulan Desember 2015 yang +23.0 dan yang terendah sejak September 2015 akibat turunnya indeks business expectations, profit expectations dan employment. Untuk bulan Maret 2016 pasar tidak memberikan perkiraan, namun jika angka indeks lebih tinggi dari rilis terakhir (+7.1), maka NZD akan cenderung menguat.