Selasa, 3 Mei 2016:

Hari libur bank-bank di Jepang (Constitution Day)

Jam 00:25 WIB: pidato ketua Swiss National Bank (SNB) Thomas Jordan (Berdampak tinggi pada CHF)
Thomas Jordan dijadwalkan berbicara pada acara Europa Forum di Luzern.

Jam 08:30 WIB: data Building Approvals di Australia bulan Maret 2016 (Berdampak tinggi pada AUD)
Building Approvals atau Building Permits ini merupakan indikator untuk aktivitas pekerjaan konstruksi bangunan yang akan mempengaruhi pertambahan tenaga kerja, pembelian produk material bangunan dan investasi perumahan. Rilis data berupa persentasi perubahan jumlah ijin bangunan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Bulan Pebruari lalu jumlah ijin bangunan di Australia naik 3.1% ke angka 18,252 unit, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 2.1% dan juga lebih tinggi dari bulan Pebruari yang turun 6.6% (atau -6.6%). Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan jumlah ijin bangunan akan turun 1.8% (atau -1.8%). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan AUD menguat.

Jam 08:45 WIB: indeks Caixin Manufacturing PMI China bulan April 2016 (Berdampak tinggi pada AUD dan NZD)
Indeks Manufacturing PMI versi Markit atau yang sekarang disebut dengan indeks Caixin ini adalah estimasi indeks PMI yang dibuat berdasarkan hasil survey terhadap 430 purchasing manager di seluruh China mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini hingga didapatkan gambaran prospek perekonomian kedepan. Parameter yang disurvey adalah produksi, new orders, harga, pengiriman, persediaan dan tenaga kerja. Indeks ini sering dianggap sebagai leading indicator. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan aktivitas sektor manufaktur sedang tinggi, dan rilis dibawah angka 50.0 menunjukkan terjadinya kontraksi.

Sejak bulan Maret 2015 lalu indeks Markit Manufacturing PMI China berada dibawah angka 50.0. Bulan Maret 2016 berada pada angka 49.7, lebih tinggi dari perkiraan 48.3 dan meski masih dibawah 50.0 tetapi yang tertinggi sejak bulan Maret 2015 akibat naiknya output dan total new business. Untuk bulan April 2016 diperkirakan indeks Manufacturing PMI akan berada pada angka 49.8. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan AUD dan NZD menguat.

Jam 11:30 WIB: hasil meeting Reserve Bank of Australia (RBA): pengumuman suku bunga bulan Mei 2016 (Berdampak tinggi pada AUD)
Suku bunga RBA diumumkan setiap bulan pada hari Selasa pertama kecuali bulan Januari. Keputusan untuk menentukan suku bunga dilakukan dengan konsensus antara para anggota dewan gubernur RBA. Bulan Pebruari 2015 untuk pertama kalinya RBA memotong suku bunga sejak 7 Agustus 2013 sebesar 0.25% ke +2.25%, kemudian pada bulan Mei 2015 dilakukan pemotongan lagi sebesar 0.25% ke +2.00%. Tingkat suku bunga acuan ini adalah rekor terendah RBA.

Bulan lalu RBA mempertahankan suku bunga pada rate +2.00% sesuai dengan perkiraan, dalam statement-nya dikatakan bahwa pasar tenaga kerja tumbuh dengan konsisten dan pertumbuhan ekonomi meningkat sepanjang tahun 2015. Untuk bulan Mei 2016 ini suku bunga RBA diperkirakan akan tetap dipertahankan +2.00% meski sebagian analis memperkirakan akan ada pemotongan lagi menyusul inflasi Australia kwartal pertama yang -0.2%, penurunan pertama sejak kwartal ke 4 tahun 2008 (rilis data CPI Australia 27 April 2016). Jika RBA kembali memotong suku bunga acuan maka AUD akan cenderung melemah.

Jam 15:30 WIB: indeks Manufacturing PMI Inggris bulan April 2016 (Berdampak tinggi pada GBP)
Angka indeks ini dibuat dan dirilis oleh Markit setiap bulan. Indeks PMI (Purchasing Managers’ Index) untuk sektor manufaktur ini didasarkan pada 5 indikator utama yaitu: produksi, ketersediaan produk (inventory), aktivitas pengiriman (delivery), jumlah pesanan (orders) dan jumlah tenaga kerja. Di Inggris indeks ini dibuat berdasarkan hasil survey terhadap 600 purchasing manager mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini hingga didapatkan gambaran prospek perekonomian kedepan. Oleh karena itu indikator ini penting bagi investor dan para pelaku bisnis dan sering dianggap sebagai leading indicator. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan aktivitas sektor manufaktur sedang tinggi, dan rilis dibawah angka 50.0 menunjukkan terjadinya kontraksi.

Sejak Desember 2013 indeks Manufacturing PMI Inggris selalu berada diatas angka 50.0, menunjukkan tingkat kepercayaan pelaku sektor ini terhadap prospek perekonomian Inggris. Bulan Maret lalu indeks berada pada angka 51.0, lebih rendah dari perkiraan 51.4 dan sedikit lebih tinggi dari bulan Pebruari yang 50.8 (terendah sejak April 2013). Untuk bulan April 2016 diperkirakan indeks akan berada pada angka 51.3. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

Jam 16:30 WIB: anggaran belanja tahunan Australia (Berdampak tinggi pada AUD)
Dirilis setiap tahun oleh departemen keuangan Australia. Untuk tahun ini analis tidak memberikan prediksi, namun jika hasil rilis menunjukkan defisit yang lebih rendah atau surplus yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya maka AUD akan cenderung menguat. Anggaran belanja pemerintah Australia tahun 2016 bisa diunduh disini.

Jam 21:30 WIB: pidato anggota FOMC Loretta Mester (Berdampak medium pada USD)
Presiden Federal Reserve Bank of Cleveland Loretta Mester dijadwalkan berbicara pada acara konperensi tahunan Atlanta Federal Reserve, di Amelia Island.

Jam 23:30 WIB: pidato gubernur Bank of Canada (BoC) Stephen Poloz (Berdampak tinggi pada CAD)
Stephen Poloz dijadwalkan berbicara pada panel diskusi di Milken Institute’s Global Conference, di Los Angeles.

Rabu, 4 Mei 2016:
Hari libur bank-bank di Jepang (Greenery Day)

Waktu tentative: indeks harga Global Dairy Trade (GDT) (Berdampak tinggi pada NZD)
Data yang dirilis oleh Global Dairy Trade ini menunjukkan harga rata-rata produk olahan susu dari hasil lelang terakhir. Indeks harga ini dirilis 2 kali dalam sebulan dan biasanya berdampak tinggi pada NZD mengingat Selandia Baru adalah salah satu negara penghasil susu dan produk susu olahan utama dunia. Susu adalah produk andalan ekspor Selandia Baru disamping daging, buah-buahan, wool dan kayu. Untuk rilis hari ini pasar tidak memberikan perkiraan, tetapi jika hasil rilis lebih baik dari sebelumnya yang naik 3.8%, maka NZD akan cenderung menguat.
Hasil rilis indeks GDT bisa dilihat disini.

Jam 05:45 WIB: data Employment Change dan tingkat pengangguran Selandia Baru kwartal pertama tahun 2016 (Berdampak tinggi pada NZD)
Data perubahan jumlah total tenaga kerja (Employment Change) mengukur perubahan jumlah total tenaga kerja dirilis bersamaan dengan data persentasi perubahan tingkat pengangguran. Tidak seperti negara-negara mata uang utama lainnya yang merilis data ini tiap bulan, Selandia Baru merilisnya tiap kwartal. Rilis data menunjukkan perubahan persentasi jumlah total tenaga kerja dan persentasi tingkat pengangguran dibandingkan dengan kwartal sebelumnya.

Pada kwartal ke 4 tahun 2015 jumlah tenaga kerja di Selandia Baru bertambah 0.9% dibandingkan kwartal ke 3, lebih tinggi dari perkiraan yang akan bertambah 0.8% dan merupakan persentase kenaikan tertinggi sepanjang tahun 2015. Sementara tingkat pengangguran kwartal ke 4 tahun 2015 berada pada angka 5.3%, lebih rendah dari perkiraan 6.1% dan yang terendah sejak Maret 2009.

Untuk kwartal pertama tahun 2016 diperkirakan tenaga kerja akan kembali naik 0.6% dan tingkat pengangguran akan berada pada angka 5.5%. Jika rilis data tenaga kerja lebih tinggi dari perkiraan dan tingkat pengangguran lebih rendah dari perkiraan maka NZD akan cenderung menguat.