in Fundamental by yeremia
Selasa, 29 Maret 2016:
Jam 15:00 WIB: data M3 Money Supply kawasan Euro bulan Pebruari 2016 (Berdampak medium pada EUR)
M3 Money Supply mengukur persentase perubahan jumlah uang total yang beredar ditambah dengan jumlah deposito yang tersimpan di bank. M3 yang makin besar akan mempengaruhi tingkat inflasi.

Bulan Januari lalu M3 Money Supply kawasan Euro sebesar €10,909,429 juta atau naik 5.0% dibandingkan Desember 2015, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 4.7% dan merupakan rekor tertinggi sejak tahun 1980. Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan M3 money supply kawasan Euro akan kembali naik 5.0%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 19:30 WIB: data Raw Materials Price Index (RMPI) Canada bulan Pebruari 2016 (Berdampak medium pada CAD)
RMPI disebut juga Producer Price Index (PPI), salah satu komponen untuk mengukur tingkat inflasi yang didasarkan atas perubahan harga beli material oleh produsen (sektor industri dan manufaktur). Persentasi perubahan harga barang dan jasa di tingkat produsen akan mempengaruhi inflasi ditingkat konsumen, karena kenaikan atau penurunan harga dari produsen akan dibebankan ke konsumen.

Bulan Januari lalu RMPI Canada turun 0.4% (atau -0.4%) dibandingkan Desember 2015, lebih baik dari perkiraan yang akan turun 3.2% dan merupakan persentase penurunan terendah dalam 3 bulan terakhir. Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan RMPI akan kembali turun 0.8% (atau -0.8%). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan (atau persentase penurunan yang lebih rendah) akan cenderung mendukung penguatan CAD.

Jam 20:00 WIB: indeks harga perumahan AS versi Standard & Poor / Case-Shiller Composite-20 bulan Januari 2016 (Berdampak medium pada USD)
Indikator ini dirilis oleh Standard & Poor’s (S&P), mengukur persentasi perubahan harga jual rumah di 20 kota metropolitan Amerika Serikat. Indeks ini adalah indikator awal bagi industri perumahan di AS. Kenaikan harga rumah akan menarik lebih banyak investor untuk masuk ke sektor ini. Untuk bulan Januari 2016 diperkirakan harga jual rumah akan kembali naik 5.7%, sama dengan persentase kenaikan bulan Desember 2015 (tertinggi sejak Mei 2015). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan USD.

Jam 21:00 WIB: indeks kepercayaan konsumen AS versi Conference Board (CB) bulan Maret 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Angka indeks kepercayaan konsumen ini dirilis oleh The Conference Board Inc. (CB) berdasarkan survey pada 5,000 rumah tangga sebagai responden yang mewakili konsumen secara umum. Hasil survey ini menunjukkan tingkat kepercayaan terhadap kondisi perekonomian AS saat ini (present situation) dan waktu yang akan datang (expectations), terutama terhadap kondisi bisnis dan ketersediaan lapangan pekerjaan. Indeks ini mencerminkan kepercayaan finansial dan merupakan indikator awal bagi pengeluaran konsumen yang mengambil porsi hampir 70% dari aktivitas perekonomian AS.

Indeks CB Consumer Confidence bulan Pebruari lalu berada pada angka 92.2, lebih rendah dari perkiraan 97.4 dan yang terendah sejak bulan Nopember 2015 akibat indeks expectations yang turun dari 85.3 ke 78.9, sementara indeks present situation turun dari 116.6 ke 112.1. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan indeks kepercayaan konsumen akan kembali naik ke angka 93.9. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 22:30 WIB: pidato ketua The Fed Janet Yellen (Berdampak tinggi pada USD)
Janet Yellen dijadwalkan berbicara mengenai perekonomian dan kebijakan moneter di Economic Club of New York.

Rabu, 30 Maret 2016:
Jam 06:50 WIB: data Preliminary Industrial Production Jepang bulan Pebruari 2016 (Berdampak medium pada JPY)
Indikator ini mengukur output yang dihasilkan oleh sektor manufaktur dan industri lainnya yang berhubungan dengan tingkat tenaga kerja dan tingkat pendapatan konsumen. Di Jepang indikator ini dirilis dalam dua versi, Preliminary dan Revised. Data Preliminary dirilis lebih awal sehingga cenderung lebih berdampak. Rilis data berupa perubahan persentase dibandingkan dengan bulan sebelumnya (m/m) dan dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya (y/y). Yang berdampak biasanya data m/m.

Bulan Januari lalu output sektor manufaktur dan industri m/m naik 3.7%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 3.2% dan merupakan persentase kenaikan tertinggi sejak bulan Januari 2015, sementara untuk y/y turun 3.8% (atau -3.8%) yang merupakan persentase penurunan tertinggi sejak Mei 2015. Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan Industrial Production m/m akan turun 5.8% (atau -5.8%). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan (atau persentase penurunan yang lebih rendah) akan cenderung menyebabkan JPY menguat.