Jam 12:30 WIB: pidato gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Glenn Stevens (Berdampak tinggi pada AUD)
Glenn Stevens dijadwalkan berbicara di Australian Securities & Investment Commission Annual Forum, di Sydney.

Jam 15:00 WIB: indeks Flash Manufacturing PMI dan Flash Services PMI Perancis bulan Maret 2016
Jam 15:30 WIB: indeks Flash Manufacturing PMI dan Flash Services PMI Jerman bulan Maret 2016
Jam 16:00 WIB: indeks Flash Manufacturing PMI dan Flash Services PMI kawasan Euro bulan Maret 2016 (Berdampak tinggi pada EUR)

Diantara ke 3 data fundamental tersebut biasanya yang paling berdampak adalah indeks Manufacturing PMI Jerman. Indeks Purchasing Managers Index (PMI) untuk sektor manufaktur dan jasa ini didasarkan pada 5 indikator utama yaitu: output produksi, ketersediaan produk, aktivitas pengiriman, jumlah pesanan dan jumlah tenaga kerja. Data yang dirilis oleh Markit ini terdiri dari 2 versi yaitu Flash dan Final dan biasanya dampak Flash lebih tinggi.

Indeks Flash PMI mulai dirilis sejak Maret 2008 dan merupakan estimasi indeks PMI yang dibuat berdasarkan hasil survey terhadap 500 purchasing manager mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini hingga didapatkan gambaran prospek perekonomian kedepan. Oleh karena itu indikator ini penting bagi investor dan para pelaku bisnis dan sering dianggap sebagai leading indicator. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan aktivitas sektor manufaktur (dan jasa) sedang tinggi, dan rilis dibawah angka 50.0 menunjukkan terjadinya kontraksi.

Untuk bulan Maret 2016 ini indeks Flash Manufacturing PMI Jerman diperkirakan akan berada pada angka 50.9, lebih tinggi dari bulan Pebuari yang 50.5 dan merupakan angka indeks terendah sejak Nopember 2014, sementara untuk indeks Flash Services PMI diperkirakan pada angka 55.1, lebih rendah dari Pebruari yang 55.3. Untuk indeks Flash Manufacturing PMI Perancis bulan Maret 2016 diperkirakan berada pada angka 50.2, sama dengan bulan Pebruari, dan untuk Flash Services PMI diperkirakan pada angka 49.5, lebih tinggi dari Pebruari yang 49.2 (terendah sejak September 2015).

Untuk kawasan Euro indeks Flash Manufacturing PMI bulan Maret 2016 diperkirakan berada pada angka 51.4, lebih tinggi dari bulan Pebruari yang 51.2 (terendah dalam setahun terakhir), sementara untuk Flash Services PMI bulan Maret diperkirakan berada pada angka 53.5, lebih tinggi dari bulan Pebruari yang 53.3 (terendah sejak September 2015). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan EUR menguat.

Jam 16:00 WIB: indeks kepercayaan bisnis Jerman versi IFO bulan Maret 2016 (Berdampak tinggi pada EUR)
Indikator ini dirilis oleh IFO atau Information and Forschung, lembaga riset ekonomi di Munich dan merupakan think-tanks terbesar dan terpenting bagi perekonomian Jerman khususnya dan kawasan Eropa pada umumnya. Indeks dibuat dengan melakukan survey pada sekitar 7000 perusahaan dan pelaku bisnis di Jerman mengenai kondisi perekonomian saat ini (assessment of business situation) dan perkiraannya untuk 6 bulan kedepan (business expectations).

Indeks sentimen bisnis IFO ini merupakan indikator awal bagi pengeluaran untuk investasi baru atau ekspansi dan perekrutan tenaga kerja sehingga akan berdampak pada pertumbuhan. Indeks ini menggunakan angka 100 sebagai patokan. Indeks dibawah 100 berarti sentimen bisnis negatif dan diatas 100 sentimen bisnis positif.

Bulan Pebruari lalu indeks kepercayaan bisnis Jerman turun ke angka 105.7 dibandingkan Januari yang 107.3, lebih rendah dari perkiraan yang 107.0 dan yang terendah dalam 14 bulan terakhir akibat indeks business expectations yang turun dari 102.3 ke 98.8. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan indeks IFO Jerman akan kembali naik ke angka 106.1. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan EUR menguat.

Jam 16:30 WIB: data Consumer Price Index (CPI) Inggris bulan Pebruari 2016 (Berdampak tinggi pada GBP)
Di Inggris CPI adalah pengukur utama tingkat inflasi yang selalu diperhatikan bank sentral sebagai pertimbangan utama dalam menentukan suku bunga. Ada 2 rilis yaitu CPI inti (Core CPI) dan CPI total. CPI inti tidak memperhitungkan kategori makanan, minuman dan energi (bahan bakar minyak dan gas). Data yang dirilis masing-masing untuk month over month (m/m) yang dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dan year over year (y/y) yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

Untuk Inggris yang paling berdampak adalah CPI total y/y (inflasi tahunan) yang digunakan sebagai acuan oleh Bank of England (BoE). Disamping CPI juga dirilis data Producer Price Index (PPI) dan Retail Price Index (RPI) yang hanya mengukur barang-barang konsumsi utama dan biaya sewa tempat tinggal (y/y), namun dampak CPI jauh lebih tinggi.

Bulan Januari lalu inflasi tahunan Inggris kembali naik 0.3%, sesuai dengan perkiraan dan merupakan persentase kenaikan tertinggi sejak Januari 2015, sementara untuk basis bulanan (m/m) turun 0.8% (atau -0.8%), terendah dalam setahun terakhir. Naiknya inflasi tahunan bulan Januari tersebut disebabkan oleh meningkatnya harga rumah (+0.4%), harga menu di restaurant dan tarif kamar hotel (+1.6%), dan barang dan jasa lainnya (+1.4%).

Sementara itu CPI inti bulan Januari y/y naik 1.2%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 1.3% dan juga lebih rendah dari bulan Desember 2015 yang naik 1.4%. Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan CPI total y/y akan naik 0.4% dan CPI inti y/y akan kembali naik 1.2%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

Jam 16:30 WIB: data Producer Price Index (PPI) Inggris bulan Pebruari 2016 (Berdampak medium pada GBP)
Indikator ini mengukur perubahan harga di tingkat produsen dan akan mempengaruhi tingkat inflasi di Inggris. Producer Price Index Inggris yang dirilis terdiri atas PPI input dan output. PPI input termasuk biaya operasional produksi dan lebih berdampak. Bulan Januari lalu PPI input Inggris turun 0.7% (atau -0.7%), lebih baik dari perkiraan yang akan turun 1.2% tetapi lebih rendah dari bulan Desember 2015 yang turun 0.3% (revisi dari data sebelumnya yang turun 0.8%). Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan PPI input akan kembali naik 0.4%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan GBP.

Jam 17:00 WIB: indeks ZEW Economic Sentiment Jerman dan kawasan Euro bulan Maret 2016 (Berdampak tinggi pada EUR)
Angka indeks Zentrum fur Europaische Wirtschaftsforschung (ZEW) ini dibuat berdasarkan survey terhadap sekitar 350 investor dan analis di Jerman mengenai pandangannya terhadap perekonomian kawasan Euro pada umumnya dan Jerman pada khususnya untuk 6 bulan mendatang. Pada waktu yang bersamaan dirilis indeks ZEW Jerman dan kawasan Euro, tetapi angka indeks untuk Jerman akan lebih berdampak. Sentimen investor dan analis adalah indikator awal bagi kondisi perekonomian. Angka positif (lebih besar nol) menunjukkan optimisme sedang angka negatif menunjukkan pesimisme.

Bulan Pebruari lalu indeks ZEW Jerman turun tajam ke angka +1.0, jauh lebih rendah dari bulan Januari yang +10.2 dan yang terendah sejak Oktober 2014 akibat prediksi ekonom Jerman terhadap perlambatan ekonomi global dan merosotnya harga minyak, sementara indeks current situation turun dari 59.7 ke 52.3. Indeks ZEW kawasan Euro bulan Pebruari berada pada angka +13.6, lebih tinggi dari perkiraan +10.3 tetapi yang terendah sejak bulan Nopember 2014.

Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan indeks ZEW Jerman akan kembali naik ke angka +6.3 sementara untuk kawasan Euro akan berada pada angka +8.2. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan EUR menguat.

Jam 21:00 WIB: indeks kepercayaan bisnis kawasan Euro versi National Bank of Belgium (NBB) bulan Maret 2016 (Berdampak medium pada EUR)
Indikator ini merupakan indeks kepercayaan bisnis yang dibuat oleh National Bank of Belgium (Belgia) mengenai kondisi bisnis di kawasan Euro untuk 6 bulan kedepan. Indeks dibuat berdasarkan survey terhadap 6,000 pebisnis di seluruh kawasan Euro.Angka indeks diatas 0.0 menunjukkan kondisi yang membaik, dan dibawah 0.0 (negatif) menunjukkan terjadinya kontraksi. Indeks ini adalah indikator awal bagi pengeluaran konsumen, perekrutan tenaga kerja dan investasi baru.

Bulan Pebruari lalu indeks kepercayaan bisnis di kawasan Euro berada pada angka -6.6, lebih rendah dari perkiraan -3.5 dan yang terendah sejak September 2015. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan indeks akan berada pada angka -6.0. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.