in Fundamental by yeremia
Jum’at, 22 April 2016:

Pertemuan Eurogroup
Pertemuan Economic and Financial Affairs Council (Ecofin)

Jam 14:00 WIB: indeks Flash Manufacturing PMI dan Flash Services PMI Perancis bulan April 2016
Jam 14:30 WIB: indeks Flash Manufacturing PMI dan Flash Services PMI Jerman bulan April 2016
Jam 15:00 WIB: indeks Flash Manufacturing PMI dan Flash Services PMI kawasan Euro bulan April 2016

Diantara ke 3 data fundamental tersebut biasanya yang paling berdampak adalah indeks Manufacturing PMI Jerman. Indeks Purchasing Managers Index (PMI) untuk sektor manufaktur dan jasa ini didasarkan pada 5 indikator utama yaitu: output produksi, ketersediaan produk, aktivitas pengiriman, jumlah pesanan dan jumlah tenaga kerja. Data yang dirilis oleh Markit ini terdiri dari 2 versi yaitu Flash dan Final dan biasanya dampak Flash lebih tinggi.

Indeks Flash PMI mulai dirilis sejak Maret 2008 dan merupakan estimasi indeks PMI yang dibuat berdasarkan hasil survey terhadap 500 purchasing manager mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini hingga didapatkan gambaran prospek perekonomian kedepan. Oleh karena itu indikator ini penting bagi investor dan para pelaku bisnis dan sering dianggap sebagai leading indicator. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan aktivitas sektor manufaktur (dan jasa) sedang tinggi, dan rilis dibawah angka 50.0 menunjukkan terjadinya kontraksi.

Untuk bulan April 2016 ini indeks Flash Manufacturing PMI Jerman diperkirakan akan berada pada angka 51.0, lebih tinggi dari bulan Maret yang 50.7 (revisi dari data sebelumnya yang 50.4), sementara untuk indeks Flash Services PMI diperkirakan pada angka 55.1, sama dengan bulan Maret. Untuk indeks Flash Manufacturing PMI Perancis bulan April 2016 diperkirakan berada pada angka 49.9, lebih tinggi dari bulan Maret yang 49.6, dan untuk Flash Services PMI diperkirakan pada angka 50.2, juga lebih tinggi dari Maret yang 49.9 (revisi dari data sebelumnya yang 51.2).

Untuk kawasan Euro indeks Flash Manufacturing PMI bulan April 2016 diperkirakan berada pada angka 51.8, lebih tinggi dari bulan Maret yang 51.6 (revisi dari data sebelumnya yang 51.4), sementara untuk Flash Services PMI bulan April diperkirakan berada pada angka 53.3, lebih tinggi dari Maret yang 53.1 (revisi dari data sebelumnya yang 54.0). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan EUR menguat.

Jam 19:30 WIB: data Consumer Price Index (CPI) Canada bulan Maret 2016 (Berdampak tinggi pada CAD)
Indikator yang mengukur tingkat inflasi ini dirilis oleh Biro Statistik Canada. Pada waktu yang bersamaan dirilis CPI inti (Core CPI) dan CPI total. CPI inti disebut juga dengan Bank of Canada Core CPI dan tidak memperhitungkan harga makanan dan energi. Masing-masing dirilis untuk month over month (m/m) yang dibandingkan dengan data bulan sebelumnya, dan year over year (y/y) yang dibandingkan dengan data bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Baik CPI inti maupun CPI total (m/m dan y/y) keduanya berdampak tinggi.

Bulan Pebruari lalu CPI total m/m naik 0.2%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.3% dan sama dengan kenaikan bulan Januari yang merupakan persentase kenaikan tertinggi sejak bulan Juni 2015, sementara untuk y/y (inflasi tahunan) naik 1.4%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 1.5% dan merupakan persentase kenaikan terendah dalam 3 bulan terakhir. Turunnya inflasi tahunan tersebut terutama disebabkan oleh merosotnya harga bahan bakar gasoline meski harga makanan mengalami kenaikan.

Sementara CPI inti bulan Pebruari 2016 m/m naik 0.5%, sesuai dengan perkiraan dan yang tertinggi sejak September 2015, sementara untuk y/y naik 1.9%, lebih rendah dari bulan Januari yang naik 2.0%. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan CPI total y/y akan naik 1.2% dan m/m akan naik 0.3%, sementara CPI inti m/m akan naik 0.4%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan CAD menguat.

Jam 19:30 WIB: data Retail Sales Canada bulan Pebruari 2016 (Berdampak tinggi pada CAD)
Indikator ini mengukur pesentasi perubahan volume penjualan retail selama periode sebulan. Penjualan retail menunjukkan tingkat pengeluaran konsumen yang akan berdampak pada tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi Canada. Ada 2 rilis, penjualan retail inti (Core Retail Sales) yang tidak termasuk otomotif, dan penjualan retail total. Keduanya berdampak tinggi, terutama untuk data month over month (m/m) atau yang dibandingkan dengan data bulan sebelumnya.

Bulan Januari lalu penjualan retail total Canada m/m naik 2.1%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.7% dan merupakan persentase kenaikan tertinggi dalam setahun terakhir, sementara penjualan retail inti m/m naik 1.2%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.6% dan merupakan persentase kenaikan tertinggi sejak Maret 2015. Kenaikan penjualan terjadi pada toko produk otomotif dan spare part-nya (+4.8%), toko building material dan perlengkapan kebun (+3.0%) dan toko pakaian dan accessoriesnya (+1.2%).

Untuk basis tahunan (year over year atau y/y), yaitu yang dibandingkan dengan bulan Januari tahun lalu, retail sales total Canada naik 6.4%, lebih tinggi dari Desember 2015 yang naik 2.6%. Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan Retail Sales total m/m dan Core Retail Sales m/m keduanya akan turun 0.8% (atau -0.8%). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan CAD menguat.

Jam 20:45 WIB: indeks Flash Manufacturing PMI AS versi Markit bulan April 2016 (Berdampak medium pada USD)
Di AS indeks Flash Manufacturing PMI yang dirilis oleh Markit ini kurang berdampak dibandingkan indeks Manufacturing PMI yang dirilis oleh Institute for Supply Management (ISM). Bedanya ISM dibuat berdasarkan survey terhadap 400 purchasing manager sedang Markit melakukan survey terhadap 600 purchasing manager di seluruh AS, dan hasil akhirnya belum tentu sama.

Menurut versi Markit, bulan Maret lalu indeks Manufacturing PMI AS berada pada angka 51.5 (revisi dari data sebelumnya yang 51.4), lebih rendah dari perkiraan 51.6 tetapi lebih tinggi dari bulan Pebruari yang 51.0 akibat naiknya pekerjaan baru. Untuk bulan April 2016 ini diperkirakan indeks akan berada pada angka 51.9. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan USD.