in Berita Pasar by lilik
amerikahouse-700x357 DATA PRUMAHAN AMERIKA
Sentimen di industri perumahan AS tanpa terduga menurun di bulan Februari. Housing Market Index (HMI) turun 58 pada bulan ini. Angka tersebut memang masih diatas batas “break-even” 50 dan karenanya angka sekarang ini terus memberikan signal pertumbuhan. Tetapi penurunan yang terakhir juga meninggalkan HMI berada pada level yang terendah dalam Sembilan bulan.

Apakah penurunan dalam HMI adalah suatu petunjuk bahwa pemulihan yang sedang-sedang dalam perumahan sedang dalam jalur penurunan lebih jauh pada bulan-bulan kedepan? Update pada malam hari ini mengenai aktifitas konstruksi residential di bulan Januari akan dibaca secara luas dalam mencari jawaban atau paling tidak suatu perspektif yang baru.

Perlu dicatat, namun, bahwa laporan HMI bulan Januari sedikit lebih kuat daripada update bulan Februari kemarin dan jadi data starts yang lebih lambat keluarnya kemungkinan tidak merefleksikan kelemahan yang terlihat di profile sentimen bulan ini.

Apapun juga, masyarakat sedang mencari sedikit perbaikan di dalam rilis data “housing starts” hari ini. Konsensus dari Econoday.com memperkirakan konstruksi akan naik menjadi 1.175.000 unit dari sebelumnya di bulan Desember sebesar 1.149.000 unit.

Kenaikan yang bagus yang akan mendorong “housing starts” mendekati 1.211.000 unit yang merupakan ketinggian sebelum resesi di musim panas terakhir. Tetapi di dalam iklim sekarang, ketika kekuatiran makro sekali lagi berada di depan, kejutan penurunan di dalam update data perumahan pada malam hari ini akan meningkatkan keprihatinan bahwa pesan yang terkandung dalam perlambatan perumahan telah muncul di data konstruksi.