in Fundamental by yeremia
Kamis, 21 April 2016:
Jam 03:15 WIB: testimoni gubernur Bank of Canada (BoC) Stephen Poloz (Berdampak tinggi pada CAD)
(Perubahan dari jadwal sebelumnya Selasa 19 April jam 22:00 WIB)
Gubernur Stephen Poloz dan deputy gubernur Carolyn Wilkins dijadwalkan mengadakan testimoni didepan House of Commons Senate Banking Committee, di Ottawa.

Jam 08:30 WIB: indeks kepercayaan bisnis Australia versi National Australia Bank (NAB) kwartal pertama tahun 2016 (Berdampak medium-tinggi pada AUD)
Indeks kepercayaan bisnis ini dirilis oleh National Australia Bank (NAB) berdasarkan survey terhadap 1000 pebisnis diluar sektor pertanian mengenai kondisi perekonomian Australia saat ini. Versi ini adalah per kwartal (quarterly) yang merupakan pelengkap dari versi bulanan (monthly), dimana versi per kwartal lebih besar jumlah samplenya dengan materi survey yang lebih beragam. Indeks ini adalah indikator awal untuk pengeluaran konsumen, perekrutan tenaga kerja dan investasi. Angka indeks lebih besar 0 (nol) menunjukkan ekspansi bisnis, dan dibawah 0 menunjukkan kontraksi.

Kwartal ke 4 tahun 2015 lalu indeks kepercayaan bisnis NAB berada pada angka +4, lebih tinggi dari kwartal ke 3 yang +1. Untuk kwartal pertama tahun 2016 analis tidak memberikan perkiraan, tetapi jika hasil rilis lebih tinggi dari kwartal sebelumnya (+4) maka akan cenderung menyebabkan AUD menguat.

Jam 15:30 WIB: data Retail Sales Inggris bulan Maret 2016 (Berdampak tinggi pada GBP)
Retail Sales adalah salah satu indikator penting yang bisa menggerakkan mata uang GBP. Di Inggris indikator ini disebut juga dengan Sales Volume atau All Retailers Sales. Ada 2 jenis rilis, Retail Sales total dan Retail Sales inti yang tidak termasuk otomotif dan bahan bakar, masing-masing untuk month over month (m/m) yang dibandingkan dengan bulan sebelumnya dan year over year (y/y) yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Penjualan retail merupakan indikator awal untuk pengeluaran konsumen dan akan berdampak pada pertumbuhan dan juga tingkat inflasi. Di Inggris yang berdampak tinggi adalah Retail Sales total baik m/m maupun y/y.

Penjualan retail total Inggris bulan Pebruari lalu turun 0.4%, lebih baik dari perkiraan yang akan turun 0.7% tetapi lebih rendah dari Januari yang naik 2.3%, sementara untuk basis tahunan (y/y) bulan Pebruari lalu penjualan retail total naik 3.8%, lebih rendah dari Januari yang naik 5.4%. Turunnya penjualan retail bulan Pebruari tersebut akibat merosotnya penjualan di toko makanan (-0.3%), toko pakaian dan sepatu (-0.4%), stasiun bahan bakar (-2.4%) dan toko lainnya (-0.2%). Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan Retail Sales total m/m akan kembali turun 0.1% (atau -0.1%) sementara y/y akan naik 4.4%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

Jam 18:45 WIB: hasil meeting European Central Bank (ECB): pengumuman suku bunga bulan April 2016 (Berdampak tinggi pada EUR)
Suku bunga ditentukan dengan cara voting, 6 anggota ECB Executive Board dan 15 dari 19 gubernur bank sentral negara-negara kawasan Euro ikut memberikan suara. Hasil voting akan diumumkan 4 minggu setelah meeting dalam notulen meeting. Tingkat suku bunga biasanya dirilis sesuai perkiraan sehingga yang lebih berdampak adalah konperensi pers para petinggi ECB yang diadakan 45 menit kemudian.

Tanggal 10 Maret lalu ECB kembali menurunkan suku bunga acuan dari 0.05% ke 0.00% dan suku bunga deposito dari -0.30% ke -0.40%, serta menambah besaran stimulus dari €60 milyard ke €80 milyard. Untuk bulan April 2016 ini suku bunga acuan diperkirakan tetap 0.00% dan suku bunga deposito tetap -0.40%. Jika ECB kembali menurunkan suku bunga atau menambah besaran stimulus maka EUR akan cenderung melemah.

Jam 19:30 WIB: konperensi pers ECB yang dihadiri presiden ECB Mario Draghi (Berdampak tinggi pada EUR)
Konperensi pers terdiri atas 2 bagian yaitu pembacaan statement kebijakan moneter dan tanya jawab. Acara tersebut bisa dipantau di: http://www.ecb.europa.eu/press/tvservices/webcast/html/index.en.html

Jam 19:30 WIB: data Jobless Claims AS per 15 April 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Jobless Claims mengukur jumlah klaim tunjangan pengangguran selama minggu lalu, dan merupakan data fundamental paling awal yang berhubungan dengan jumlah tenaga kerja. Data Jobless Claims juga indikator awal bagi pengeluaran konsumen yang akan mempengaruhi tingkat inflasi. Ada 2 data yaitu Initial Jobless Claims dan Continuing Jobless Claims. Initial Jobless Claims mengukur jumlah mereka yang baru pertama kali menerima tunjangan pengangguran dan lebih berdampak. Indikator Jobless Claims biasanya mengacu pada data initial.

Minggu lalu Jobless Claims AS kembali berkurang 13,000 ke 253,000 klaim dibandingkan minggu sebelumnya, lebih rendah dari perkiraan 270,000 dan sama dengan minggu pertama bulan Maret yang merupakan jumlah klaim terendah sejak Nopember 1973, sementara klaim rata-rata 4 mingguan berada pada angka 265,000, naik 1,500 klaim dibandingkan minggu sebelumnya. Jobless Claims AS berada dibawah angka 300,000 selama 58 minggu berturut-turut, menunjukkan pasar tenaga kerja yang stabil. Untuk minggu ini diperkirakan klaim tunjangan pengangguran akan kembali naik 12,000 ke angka 265,000 klaim. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 19:30 WIB: indeks Philly Fed Manufacturing AS bulan April 2016 (Berdampak medium-tinggi pada USD)
Indikator sentimen bisnis yang dirilis oleh The Fed of Philadelphia ini merupakan indikator awal ISM Manufacturing Index. Indeks ini dibuat berdasarkan survey terhadap para pelaku manufaktur di wilayah Philadelphia mengenai prospek bisnis dan perekonomian AS, dan menjadi salah satu acuan analis untuk mengukur tingkat kepercayaan investor. Angka indeks yang positif (lebih besar nol) menggambarkan perekonomian yang membaik, sedang indeks dengan angka negatif mengindikasikan kondisi ekonomi yang sedang menurun.

Bulan Maret lalu indeks Philly Fed Manufacturing berada pada angka +12.4, lebih baik dari perkiraan yang -1.4 dan yang tertinggi sejak bulan Pebruari 2015 akibat naiknya indeks new orders dan deliveries. Untuk bulan April 2016 diperkirakan indeks Philly Fed Manufacturing akan berada pada angka +8.1. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 21:00 WIB: pidato gubernur Bank of England (BoE) Mark Carney (Berdampak tinggi pada GBP)
Mark Carney dijadwalkan berbicara di markas besar Perserikatan Bangsa Bangsa di New York dengan judul “How the financial system can support delivery of the United Nation’s Sustainable Development Goals, including for employment and growth, investment, and climate action”.

Jam 21:00 WIB: indeks kepercayaan konsumen kawasan Euro versi Eurostat bulan April 2016 (Berdampak medium pada EUR)
Data ini dirilis oleh Eurostat dan dibuat berdasarkan survey pada 2,300 konsumen di seluruh kawasan Euro mengenai kondisi perekonomian kawasan saat ini dan di waktu yang akan datang. Responden dimintai pendapat tentang pekerjaan, pendapatan, inflasi dan produk-produk utama yang dikonsumsi. Angka indeks positif (lebih besar nol) menunjukkan optimisme dan angka indeks yang negatif menunjukkan pesimisme.

Bulan Pebruari lalu angka indeks berada pada -10.0, lebih rendah dari perkiraan -8.0 dan yang terendah dalam setahun terakhir. Untuk bulan April 2016 diperkirakan indeks kepercayaan konsumen akan berada pada angka -9.0. Angka indeks yang lebih tinggi dari perkiraan (atau angka minus yang lebih rendah dari perkiraan) akan cenderung mendukung penguatan EUR.