Hari libur bank-bank di Jepang (Vernal Equinox Day)

Jam 16:00 WIB: data Current Account kawasan Euro bulan Januari 2016 (Berdampak medium pada EUR)
Current account mengukur perbedaan nilai impor dan ekspor barang dan jasa, aliran modal yang masuk dan dana yang ditransfer keluar selama periode sebulan. Neraca perdagangan adalah bagian dari current account. Jika hasil perdagangan dan penerimaan melebihi pengeluaran maka Current Account akan surplus, dan sebaliknya jika dana yang keluar lebih besar maka current account akan defisit. Surplus current account akan menyebabkan permintaan mata uang Euro meningkat, dan sebaliknya defisit current account akan cenderung memperlemah mata uang Euro.

Current Account kawasan Euro surplus sebesar € 25.5 milyard pada bulan Desember 2015, lebih tinggi dari perkiraan yang akan surplus € 22.3 milyard tetapi merupakan surplus terendah sejak bulan Agustus 2015. Untuk bulan Januari 2016 diperkirakan Current Account akan kembali surplus € 26.3 milyard. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 18:00 WIB: laporan bulanan Bundesbank Jerman bulan Maret 2016 (Berdampak medium pada EUR)
The Deutsche Bundesbank (Buba) adalah bank sentral Jerman yang merupakan bagian integral dari European System of Central Banks (ESCB). Bundesbank merilis laporan setiap bulan yang memuat berbagai artikel, statistik dan analisis mengenai kondisi perekonomian saat ini dan prediksinya di waktu yang akan datang dari sudut pandang bank sentral. Jika laporan berbeda dengan yang diterbitkan ECB maka akan berdampak pada pergerakan EUR.
Hasil rilis laporan Bundesbank bulan Maret 2016 bisa dibaca disini

Jam 18:00 WIB: indeks Confederation of British Industry (CBI) Industrial Order Expectations Inggris bulan Maret 2016 (Berdampak medium pada GBP)
Indeks ini dirilis oleh Confederation of British Industry (CBI) dan disebut juga dengan Industrial Trends Survey, dibuat berdasarkan survey terhadap 550 pelaku sektor manufaktur mengenai volume order yang diharapkan dalam waktu 3 bulan mendatang. Angka positif (lebih besar nol) menunjukkan harapan volume penjualan yang tinggi, dan sebaliknya. Angka indeks ini adalah indikator awal bagi kondisi bisnis, perekrutan tenaga kerja dan pengeluaran konsumen.

Bulan Pebruari lalu indeks berada pada angka -17, lebih rendah dari perkiraan yang -11 dan yang terendah sejak bulan Oktober 2015. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan indeks akan berada pada angka -13. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan GBP.

Jam 21:00 WIB: data Existing Home Sales di AS bulan Pebruari 2016 (Berdampak medium pada USD)
Indikator ini mengukur jumlah penjualan rumah tinggal di AS selama periode satu bulan, diluar perumahan baru. Rilis data ini akan berdampak karena penjualan rumah akan memicu konsumsi produk-produk lain dan mempengaruhi tingkat inflasi. Selain itu perusahaan leasing dan broker property juga akan memperoleh penghasilan dari transaksi jual beli rumah tersebut.

Bulan Januari lalu penjualan rumah tinggal di AS mencapai 5.47 juta unit, lebih tinggi dari perkiraan 5.37 juta unit dan yang tertinggi sejak September 2015. Untuk bulan Pebruari 2016 diperkirakan Existing Home Sales akan berada pada angka 5.32 juta unit. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan USD.

Jam 22:00 WIB: indeks kepercayaan konsumen kawasan Euro versi Eurostat bulan Maret 2016 (Berdampak medium pada EUR)
Data ini dirilis oleh Eurostat dan dibuat berdasarkan survey pada 2,300 konsumen di seluruh kawasan Euro mengenai kondisi perekonomian kawasan saat ini dan di waktu yang akan datang. Responden dimintai pendapat tentang pekerjaan, pendapatan, inflasi dan produk-produk utama yang dikonsumsi. Angka indeks positif (lebih besar nol) menunjukkan optimisme dan angka indeks yang negatif menunjukkan pesimisme.

Bulan Pebruari lalu angka indeks berada pada -9.0, lebih rendah dari perkiraan 76.0 dan yang terendah dalam setahun terakhir akibat turunnya indeks general economic situation dan future unemployment. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan indeks kepercayaan akan berada pada angka -8.5. Angka indeks yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Selasa, 22 Maret 2016:
Jam 07:30 WIB: indeks harga perumahan di Australia kwartal ke 4 tahun 2015 (Berdampak medium pada AUD)
Data ini dirilis oleh Biro Statistik Australia, mengukur persentase perubahan harga jual rumah di 8 kota terbesar Australia. Data ini merupakan indikator awal bagi industri perumahan. Indeks harga jual yang naik menunjukkan prospek pasar yang menjanjikan dan akan menarik investor di sektor ini.

Kwartal ke 3 tahun 2015 harga jual rumah di Australia naik 2.0% dibandingkan kwartal kedua, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 2.1% dan juga lebih rendah dari kwartal kedua yang naik 4.7%. Untuk kwartal ke 4 tahun 2015 diperkirakan harga perumahan akan kembali naik 0.1%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan AUD.