in Fundamental by yeremia
Penjualan total di tingkat wholesaler bulan Januari lalu stagnan atau 0.0% pada angka CAD 57.0 milyard dibandingkan bulan Desember 2015, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.3% dan yang terendah dalam 3 bulan terakhir akibat berkurangnya penjualan unit dan suku cadang kendaraan bermotor meski penjualan mesin meningkat. Untuk bulan Pebruari 2016 pasar tidak memberikan perkiraan, dan jika hasil rilis lebih tinggi dari bulan sebelumnya (0.0%) maka akan cenderung mendukung penguatan CAD.

Jam 21:00 WIB: data Existing Home Sales di AS bulan Maret 2016 (Berdampak medium pada USD)
Indikator ini mengukur jumlah penjualan rumah tinggal di AS selama periode satu bulan, diluar perumahan baru. Rilis data ini akan berdampak karena penjualan rumah akan memicu konsumsi produk-produk lain dan mempengaruhi tingkat inflasi. Selain itu perusahaan leasing dan broker property juga akan memperoleh penghasilan dari transaksi jual beli rumah tersebut.

Bulan Pebruari lalu penjualan rumah tinggal di AS mencapai 5.08 juta unit, lebih rendah dari perkiraan 5.32 juta unit dan yang terendah dalam 3 bulan terakhir akibat penjualan rumah tinggal yang turun 7.2% dan tempat tinggal di kondominium yang turun 6.6%. Untuk bulan Maret 2016 diperkirakan Existing Home Sales akan naik ke angka 5.29 juta unit. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan USD.

Jam 21:30 WIB: data persediaan minyak mentah untuk industri di AS per 15 April 2016 (Berdampak pada USD dan CAD)
Data ini dirilis tiap minggu oleh Energy Information Administration (EIA) AS, dan disebut juga dengan Crude Stocks atau Crude Levels, yang mengukur perubahan jumlah persediaan minyak mentah (dalam satuan barrel) untuk industri di AS. Meski indikator ini dirilis oleh AS namun berdampak juga pada CAD mengingat impor sebagian minyak mentah AS berasal dari Canada.

Karena menyangkut tingkat persediaan, indikator ini juga akan mempengaruhi harga minyak di AS dan akan berdampak pada tingkat inflasi. Minggu lalu persediaan minyak mentah untuk industri bertambah sebesar 6.6 juta barrel, lebih tinggi dari perkiraan yang akan bertambah 0.9 juta barrel dan yang tertinggi dalam 3 minggu terakhir. Untuk minggu ini pasar tidak memberikan perkiraan, dan jika hasil rilis lebih tinggi dari minggu sebelumnya (+6.6 juta barrel) maka akan berdampak positif pada USD.