in Berita Pasar by yeremia
Kamis, 10 Maret 2016:

Jam 14:00 WIB: data neraca perdagangan Jerman bulan Januari 2016 (Berdampak medium pada EUR)
Neraca perdagangan merupakan komponen terbesar dalam neraca pembayaran pemerintah Jerman. Jerman merupakan negara ekonomi terbesar kawasan Euro yang berorientasi ekspor, oleh karenanya data perdagangan negara ini akan berpengaruh pada mata uang Euro. Perdagangan Jerman dibagi atas 2 bagian yaitu perdagangan antara Jerman dan negara kawasan Euro (intra Euro zone) dan antara Jerman dan negara-negara lain diluar kawasan (extra Euro zone). Extra Euro zone lebih berdampak pada neraca perdagangan total kawasan Euro dan nilai mata uang Euro.

Sejak kwartal terakhir tahun 2012 neraca perdagangan Jerman selalu surplus. Bulan Desember 2015 lalu surplus sebesar € 19.4 milyard, sesuai dengan perkiraan dan merupakan surplus terendah sejak September 2015. Untuk bulan Januari 2016 diperkirakan perdagangan Jerman akan kembali surplus € 19.2 milyard. Jika surplus lebih tinggi dari perkiraan maka akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 19:45 WIB: hasil meeting European Central Bank (ECB): pengumuman suku bunga bulan Maret 2016 (Berdampak tinggi pada EUR)
Suku bunga ditentukan dengan cara voting, 6 anggota ECB Executive Board dan 15 dari 19 gubernur bank sentral negara-negara kawasan Euro ikut memberikan suara. Hasil voting akan diumumkan 4 minggu setelah meeting dalam notulen meeting. Tingkat suku bunga biasanya dirilis sesuai perkiraan sehingga yang lebih berdampak adalah konperensi pers para petinggi ECB yang diadakan 45 menit kemudian.

Untuk bulan Maret 2016 ini suku bunga acuan diperkirakan tetap 0.05% yang telah berlaku sejak 4 September 2014 lalu, dan suku bunga deposito tetap -0.3% yang mulai diberlakukan 3 Desember 2015 lalu. Jika ECB kembali menurunkan suku bunga maka EUR akan cenderung melemah.

Jam 20:30 WIB: statement kebijakan moneter dan konperensi pers ECB yang dihadiri presiden ECB Mario Draghi (Berdampak tinggi pada EUR)

Diperkirakan pada meeting kali ini kemungkinan ECB akan menambah stimulus untuk mengejar target inflasi tahunan yang 2.0%, atau kembali memotong suku bunga deposito. Jika stimulus diperbesar diperkirakan EUR akan cenderung melemah.
Konperensi pers Mario Draghi hari ini bisa dipantau di: http://www.ecb.europa.eu/press/tvservices/webcast/html/index.en.html

Jam 20:30 WIB: data Jobless Claims AS per 4 Maret 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Jobless Claims mengukur jumlah klaim tunjangan pengangguran selama minggu lalu, dan merupakan data fundamental paling awal yang berhubungan dengan jumlah tenaga kerja. Data Jobless Claims juga indikator awal bagi pengeluaran konsumen yang akan mempengaruhi tingkat inflasi. Ada 2 data yaitu Initial Jobless Claims dan Continuing Jobless Claims. Initial Jobless Claims mengukur jumlah mereka yang baru pertama kali menerima tunjangan pengangguran dan lebih berdampak. Indikator Jobless Claims biasanya mengacu pada data initial.

Minggu lalu Jobless Claims AS kembali naik 6,000 ke 278,000 klaim dibandingkan minggu sebelumnya, lebih tinggi dari perkiraan 271,000 dan yang tertinggi dalam 4 minggu terakhir. Sementara klaim rata-rata 4 mingguan berada pada angka 270,250 klaim, turun 1,750 klaim dibandingkan minggu sebelumnya dan yang terendah sejak akhir Nopember 2015. Jobless Claims AS berada dibawah angka 300,000 sejak setahun terakhir secara berturut-turut, menunjukkan pasar tenaga kerja yang stabil. Untuk minggu ini diperkirakan klaim tunjangan pengangguran akan kembali berkurang 6,000 ke angka 272,000 klaim. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 20:30 WIB: indeks harga perumahan baru di Canada bulan Januari 2016 (Berdampak medium pada CAD)
Indikator ini mengukur persentasi perubahan harga jual rumah baru di Canada dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Data ini sering digunakan sebagai indikator awal untuk trend penjualan perumahan dan pengeluaran konsumen. Jika perekonomian sedang mengalami kontraksi atau resesi, indikator ini adalah salah satu yang mengisyaratkan keadaan tersebut.

Bulan Desember 2015 lalu harga perumahan baru di Canada naik 0.1%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.3% dan merupakan persentase kenaikan terendah sejak September 2015. Untuk bulan Januari 2016 diperkirakan indeks harga perumahan baru di Canada akan kembali naik 0.2%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan CAD.

Jum’at, 11 Maret 2016:
Jam 04:15 WIB: pidato gubernur Bank of Canada (BoC) Stephen Poloz (Berdampak medium pada CAD)
Stephen Poloz dijadwalkan berbicara di Institute for Advanced Research, di Ottawa.

Jam 04:30 WIB: indeks Business NZ Manufacturing Selandia Baru bulan Pebruari 2016 (Berdampak medium pada NZD)
Indikator ini disebut juga dengan Performance of Manufacturing Index (PMI) dan dibuat berdasarkan survey terhadap sejumlah pelaku industri manufaktur mengenai kondisi bisnis di Selandia Baru termasuk hasil produksi, jumlah order, persediaan barang, tenaga kerja dan harga. Angka indeks diatas 50.0 menunjukkan ekspansi, dibawah 50.0 menunjukkan kontraksi.

Bulan Januari lalu indeks Business NZ Manufacturing berada pada angka 57.9, lebih tinggi dari bulan Desember 2015 yang 57.0 (revisi dari data sebelumnya yang 56.7) dan yang tertinggi sejak 15 bulan terakhir akibat naiknya indeks production, employment dan deliveries. Untuk bulan Pebruari 2016 analis tidak memberikan perkiraan, tetapi jika hasil rilis lebih tinggi dari bulan Januari (57.9) maka NZD akan cenderung menguat.